Profile (Bahasa Indonesia)
Common Room pada awalnya merupakan wadah dari berbagai aktifitas yang dikembangkan oleh Bandung Center for New Media Arts, sebuah lembaga yang diinisiasi oleh R.E. Hartanto, Gustaff H. Iskandar, T. Ismail Reza dan Reina Wulansari pada tahun 2001. Saat itu lembaga ini secara khusus didirikan sebagai wahana pengembangan praktik dan kajian seni multidisiplin di Indonesia. Pada sekitar tahun 2003, Bandung Center for New Media Arts mulai merintis kolaborasi dengan Toko Buku Kecil (Tobucil) untuk mengembangkan sebuah ruang bersama bagi kegiatan literasi dan pengembangan potensi kreativitas.

Pada pertengahan tahun 2003, Reina Wulansari mengusulkan nama Common Room setelah ruang ini mengembangkan aktifitasnya selama beberapa waktu. Selanjutnya Bandung Center for New Media Arts semakin aktif mengembangkan berbagai kegiatan bersama dengan Tobucil yang secara resmi diawali dengan penyelenggaraan pameran ‘Shock and Wave’ pada tanggal 9 Agustus 2003. Pameran diselenggarakan sebagai respon terhadap peristiwa penyerangan Amerika Serikat terhadap Kota Baghdad yang terjadi pada tanggal 21 Maret 2003. Dalam kesempatan ini ditampilkan beberapa karya dari T. Sutanto, Haryadi Suadi, Tisna Sanjaya, Isa Perkasa, Agus Suwage, Agung Kurniawan, Handiwirman Saputra dan S. Teddy D.

Beberapa saat setelah didirikan, Common Room kemudian menjadi ruang yang mempertemukan beragam individu, komunitas dan organisasi. Seiring dengan berkembangnya berbagai bentuk kerjasama dan kolaborasi, tempat ini kemudian menjadi semacam wadah di mana berbagai kalangan dapat merancang dan merealisasikan kegiatan berdasarkan ketertarikan dan tujuan yang bermacam-macam. Pada saat itu fokus kegiatan Common Room bertumpu kepada praksis, kajian, serta pengembangan pengetahuan yang berhubungan dengan dunia kreatifitas, meliputi sastra, film/ video, seni rupa, musik, desain, fashion, media baru, serta budaya dan ekologi masyarakat urban di Kota Bandung. Adapun berbagai aktifitas yang dikembangkan adalah pameran, pemutaran film, workshop, kuliah umum, diskusi, konser musik, festival budaya, dsb.

Pada tahun 2006, Common Room secara resmi menjadi organisasi non-profit yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM. Mulai saat itu Common Room dikenal sebagai Yayasan Mitra Ruang Kolektif atau disebut juga dengan Common Room Networks Foundation. Kegiatan Bandung Center for New Media Arts secara perlahan melebur ke dalam struktur organisasi yang baru, sementara Tobucil memutuskan untuk tetap mengembangkan aktifitasnya secara terpisah dan pindah ke tempat yang baru pada tahun 2007. Proses restrukturisasi organisasi berjalan dalam kurun waktu 2006 s/d 2007, sampai kemudian Common Room berkembang menjadi platform terbuka untuk kegiatan seni, budaya dan pemanfaatan ICT/Media pada tahun 2008. Di periode ini aktifitas Common Room semakin banyak melibatkan berbagai individu, komunitas dan organisasi yang beragam; baik dari dalam maupun luar negeri.

Pada perkembangannya, Common Room kemudian menjadi tempat yang menjembatani kebutuhan dialog dan kerjasama multidisiplin. Selain itu, Common Room juga menjadi ruang yang menghubungkan individu, komunitas dan organisasi yang memiliki keberagaman latar belakang ekonomi, sosial dan budaya melalui serangkaian aktifitas interaksi dan kolaborasi, selain berbagi pengalaman dan pertukaran pengetahuan. Common Room juga menjadi wadah terbuka bagi aktifitas eksperimentasi, eksplorasi dan inkubasi untuk mendorong terjadinya proses penciptaan dan inovasi. Selain itu, tempat ini juga menjadi wahana untuk mencapai tujuan bersama serta membuka kesempatan bagi siapapun untuk terlibat di dalam bermacam aktifitas yang ada. Hingga saat ini Common Room berkembang tidak hanya menjadi sebuah ruang fisik, tetapi juga organisasi yang memfasilitasi inisiatif publik untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan di bidang kreatifitas, serta pemanfaatan teknologi media melalui praktik budaya sehari-hari yang mengandalkan kerja jejaring dan kolaborasi.

——————————————————————————————————————————————

Profile (English)
Located in Jl. Muararaeun no. 15, Bandung – Indonesia, Common Room is a platform for various activities organized by Bandung Center for New Media Arts (2001 – 2006) and anyone who are interested to initiate their own activities in this particular place. Since 2003, Bandung Center for New Media Arts has utilized Common Room as an anchor that serves diverse individuals, communities and organizations with increasing quantity of cooperation. Later on it becoming a place were people could add, edit and execute activities based on their own purpose and interest, which mainly focus in developing public knowledge and creativity.

Up until now, Common Room has been facilitating numerous exhibitions, screening, workshops, lectures, discussions, small-scale music concerts, cultural festivals, etc. It has becoming a place that bridging dialogue and multidisciplinary cooperation intended to connect numerous individuals, communities and various organizations with diverse economic, social and micro-political interests through certain negotiations, daily experiences and knowledge exchange. It is an open platform for experimentation and creative collaboration to achieve common goal and opportunities for those who are actively involved within Common Room and its existing networks.

Currently a new structure has emerged and been developed in Common Room. Not merely a physical space, it has also become a transit space facilitating public interest in developing creative knowledge and collaboration. It is a melting pot for many events and enables the growth of new ideas that accommodate the needs of dialogue, conventions and multidisciplinary collaborations that liberating a discourse from its limitations. Common Room activities conclude a vast sphere, starting from documenting and exploring phenomena, ideas, models and new concept born from multidisciplinary approaches in the field of visual arts, design, urban architecture, music, fashion, literature, media arts, network culture, as well as ongoing research & development on urban culture and urban ecology.

Address
Common Room Networks Foundation
Jl. Muararajeun no. 15
Bandung 40122
West Java – Indonesia
Ph/Fax: +62227208257
Fax. +62.22.2503404
URL: http://www.commonroom.info

——————————————————————————————————————————————

Core Team

Gustaff Harriman Iskandar
Lahir di Sukabumi pada tahun 1974. Menempuh pendidikan formal di Jurusan Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung (1993-1999). Selepas kelulusan Gustaff berkecimpung di dunia manajemen seni dengan mendirikan Poros Art Management, serta mendirikan dan mengurus penerbitan Majalah Trolley, sembari tetap berkarya dan berpartisipasi di dalam berbagai kegiatan seni rupa. Pada tahun 2011 ia mendirikan Bandung Center for New Media Arts dan kemudian turut menginisiasi berdirinya Common Room Networks Foundation pada tahun 2003. Selain mengelola Common Room, Gustaff juga kerap menulis untuk beberapa media lokal, nasional, dan internasional, selain menjadi pembicara di berbagai diskusi, seminar, dan konferensi untuk bidang seni rupa dan kebudayaan.

Donna Satyadharma
Lahir di Sukabumi, 6 juni 1969. Pendidikan terakhir yang ditempuhnya yaitu Sarjana lulusan Manajemen Akuntansi di STIE Tridharma Bandung. Dia juga diantaranya pernah bekerja di PT Pramudya Dharma Kencana sebagai Staff Accounting (1995), PT Astra International sebagai Marketing (1997), Majalah Trolley sebagai Finance (1999), Monik Shop sebagai Managing Director (2000), Fast Forward Records sebagai Finance (2000), Reverse Clothing sebagai Finance (2004), dan Manulife Insurance sebagai Agen (2006). Sekarang bekerja di Common Room Networks Foundation sebagai Finance sejak tahun 2010 hingga sekarang.