Nu-Substance Festival 2010: Floating Horizon || Bandung, 9 July – 1 August 2010

Photobucket

Nu-Substance Festival 2010: Floating Horizon
Selama beberapa tahun terakhir, ada banyak sekali lompatan yang terjadi di dalam wilayah irisan yang mempertautkan perkembangan di bidang teknologi komunikasi, media baru dan praktik budaya dalam lingkup kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa perkembangan di bidang teknologi komunikasi dan media baru semakin mempengaruhi cara pandang kita dalam memahami kenyataan, sehingga ikut mengkonstrusi berbagai bentuk nilai dan etika yang kemudian beroperasi di tengah-tengah masyarakat.

Di level tertentu, perkembangan ini dapat dikatakan sebagai bagian dari konstelasi baru yang berkembang melalui berbagai bentuk inovasi dan inisiatif yang menggejala di tingkat lokal maupun internasional. Bertumbuhnya akses, keterbukaan dan konektifitas yang dimungkinkan melalui penggunaan teknologi komunikasi dan media baru telah ikut membentuk wajah peradaban dunia secara global. Dalam perkembangannya, hal ini semakin meleburkan sekat teritori politik dan budaya melalui serangkaian pola interaksi sosial dan ekonomi yang baru.

Meskipun hadir dengan sosok yang samar-samar, kemunculan kondisi baru yang berkembang saat ini setidaknya telah ikut mewarnai sebuah era yang ditandai dengan kehadiran berbagai bentuk situasi turbulensi yang melahirkan dinamika, tantangan dan riak perubahan di tengah-tengah masyarakat luas. Di satu sisi, hal ini kemudian mendorong lahirnya rasa ingin tahu dan antusiasme dalam menyambut berbagai prospek, aransemen dan spekulasi mengenai masa depan yang baru. Namun begitu, tampaknya pada saat yang bersamaan kondisi ini juga ikut menghadirkan berbagai bentuk kebingungan, keraguan dan skeptisisme yang mendalam di kalangan masyarakat luas.

Dalam konteks ini dapat dikatakan bahwa kita telah menemukan cerminan semangat zaman yang dipenuhi dengan ambivalensi dan kontradiksi. Kondisi ini barangkali dapat digambarkan melalui sebentuk cakrawala yang mengambang (floating horizon), yang menyiratkan garis pertemuan dua titik ekstrim dari imajinasi kolektif yang saling tarik-menarik. Dualisme pandangan yang mewarnai persepsi dalam menghadapi kenyataan keseharian yang ada setidaknya telah melahirkan rasa gamang yang senantiasa menuntut kita untuk bersikap awas dan hati-hati. Hal ini terutama diperlukan untuk menyoroti berbagai bentuk kondisi yang secara langsung ikut menyentuh persoalan yang terkait dengan kehidupan masyarakat sipil dan persoalan lingkungan hidup yang saat ini tengah diwarnai oleh berbagai bentuk kesenjangan, disfungsi dan krisis yang sangat parah.

Seiring dengan uraian di atas, Nu-Substance Festival 2010: Floating Horizon mengajak khalayak ramai untuk mengambil jeda dan menelusuri kembali berbagai bentuk fenomena yang terkait dengan kehidupan masyarakat sipil dan kondisi lingkungan yang ada saat ini, khususnya dalam ranah yang terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi dan media baru. Melalui beberapa kegiatan yang akan digelar, diharapkan masyarakat luas dapat mengambil jarak untuk melakukan dialog dan refleksi, serta bernegosiasi dengan berbagai bentuk perubahan situasi dan konstelasi perkembangan zaman yang baru. Dalam hal ini, penyelenggaraan Nu-Substance Festival 2010: Floating Horizon juga merupakan sebuah bentuk tawaran atau bahkan konfrontasi wacana dan praktik yang sekaligus merupakan upaya konsolidasi untuk menemukan taktik, strategi dan manuver untuk menyikapi berbagai bentuk perubahan dan situasi baru yang berkembang di sekeliling kita saat ini.

Program & Kegiatan
Berhala Gugur | Pertunjukan Pantun Buhun Oleh Mang Ayi & Wa Itok

Featuring: Tisna Sanjaya (Pusat Kebudayaan Cigondewah), Addy Gembel (Forgotten), Man (Jasad), & Hawe Setiawan (http://sundanesecorner.org/). Opening by Karinding Attack.
Hari: Jumat, 9 Juli 2010
Jam: 19.00 – selesai
Venue: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung.

Workshop Merakit 8-Step Sequencer Synthesizer
Hari: Kamis, 15 Juli 2010
Jam: 15.00 – 19.00 WIB
Venue: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung.
Kontak & Informasi: Diza (081802094310), Egga (085623300445)

Pemutaran Film Dokumenter Musik
Menampilkan: Generasi Menolak Tua, Inside Your Shoes, Superman is Dead Australian Tour, Ras Muhammad Next Chapter Documentary, & Release the Bats (2007 – 2010)/ A Documentary About Experimental & Improvised Music from Europe.
Hari: Jumat & Sabtu, 16 – 17 Juli 2010
Jam: 15.00 – 18.00
Venue: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung.

Pameran Seni “The Loss of the Real”
Peserta: Benjamin Laurent Aman (FR), Romain Osi (FR), Daito Manabe (JP), Takao Minami (JP), Amar Mahboob (PK), Forum Lenteng (ID), Jompet (ID), House of Natural Fiber (ID), Bandung Oral History (ID), Widianto Nugroho (ID), Deden H. Durrachman (ID), Agan Harahap (ID), Dimas Arif Nugroho (ID), & Prilla Tania (ID).

Pembukaan: Minggu, 18 Juli 2010
Artist Talk: Selasa, 20 Juli 2010
Workshop & Demo by Daito Manabe (JP): Rabu, 21 Juli 2010
Pameran: 19 Juli – 1 Agustus 2010
Venue: Selasar Sunaryo Artspace, Jl. Bukit Pakar Timur no. 100, Bandung.

Expert Meeting for New Media, Civil Society, & Environmental Sustainability
Peserta: Stephen Kovats (transmediale, DE), Victoria Sinclair (ArcSpace Manchester/ Bricolabs, UK), Atteqa Malik (Mauj Media Collective, PK), Lorenzo Marsili (European Alternatives, IT), Catherine Candano (Tunza South East Asia Youth Environment Network, PH/ SG), Arthit Suriyawongkul (Thai Netizen Network & Creative Commons Thailand, TH), Venzha Christiawan (House of Natural Fiber, ID), Gustaff H. Iskandar (Common Room, ID), etc.

Pertemuan: 19 – 24 Juli 2010
Venue: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung & Selasar Sunaryo Artspace, Jl. Bukit Pakar Timur no. 100, Bandung.
Presetasi Publik: 20 & 22 July 2010, CCF Bandung, Jl. Purnawarman no. 32.

FOSS Community Gathering: Otuz Graphic Novel Presentation by Monty Aji (Screamous, ID)
Hari: Jumat, 30 Juli 2010
Jam: 15.00 – 18.00 WIB
Venue: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung.

Silent Zone | Konser Musik/ Launching OpenLabs Electronic Music Compilation
Menampilkan: Benjamin Laurent Aman (FR), Bottlesmoker (ID), DO EAR yes (ID), #KRESS (ID), Asturiaz (ID), Europe in de Tropen (ID), Fix Future (ID), m.u.s.i.k [elektrik] (ID), Slylab (ID), Space and Missile (ID), & text.tuRE (ID).
Hari: Sabtu, 31 Juli 2010
Jam: 18.00 WIB – selesai
Venue: CCF Bandung, Jl. Purnawarman no. 32
HTM: IDR. 10.000,-

Botram dan Kampanye Publik: Save Manglayang Mountain
Hari: Minggu, 1 Agustus 2010
Jam: 07.00 – 15.00 WIB
Venue: Hutan Raya Gunung Manglayang
Kontak dan informasi: Addy Gembel (02270025295)

More info: http://nusubstance.commonroom.info

Pelaksanaan kegian Nu-Substance Festival 2010: Floating Horizon didukung oleh Asia Europe Foundation, Goethe-Institut, Japan Foundation, HIVOS, CCF Bandung, Selasar Sunaryo Artspace, dan Pemerintah Kotamadya Bandung. Partner media: STV, Prambors Bandung, KAMPUS – Pikiran Rakyat, SUAVE & PROVOKE!

Leave a Reply