Program, Projects

Menangkap Siaran Radio Tanpa Baterai dengan Radio Crystal

Chrystal Radio

Materi oleh Andar Manik (Jendela Ide)

Di sekitar kita sebenarnya banyak sekali gelombang radio yang berseliweran. Semisal gelombang TV, radio FM, AM, pesawat, satelit, handphone, dan lain-lain. Untuk menangkap gelombang tersebut diperlukan alat yang sesuai peruntukannya.

Salah satu cara sederhana untuk “menangkap” gelombang radio tersebut adalah menggunakan pesawat sederhana yang disebut Radio Kristal, Radio Diode Kristal, atau Radio Angin. Alat ini mampu menangkap gelombang AM tanpa menggunakan tenaga listrik atau batu baterai sama sekali. Mirip kalau kita menerbangkan layang-layang, kita hanya membutuhkan angin untuk menerbangkannya, tidak perlu bahan bakar. Tentu saja kualitas penerimaannya tidak sebagus radio yang dijual di toko atau seperti yang kita punya di rumah.

Cara Kerja Radio Chrystal
Komponen 01

Saat stasiun radio menyiarkan berita atau lagu-lagu seperti yang biasa kita dengar di radio maka sebenarnya stasiun radio tersebut sedang memancarkan gelombang elektromagnetik yang ditumpangi sinyal suara sehingga suara itu dapat terdengar oleh kita meski jaraknya sangat jauh.

Ketika campuran gelombang tadi masuk ke pesawat radio maka gelombang dipisahkan oleh komponen yang bernama “detektor” menjadi 2 seperti saat dipancarkan. Tetapi di sini gelombang elektromagnetik “dibuang” alias tidak dipakai sementara gelombang suara diteruskan menuju speaker. Maka terdengarlah suara penyiar atau lagu-lagu seperti yang dipancarkan radio tadi.

Tenaga yang digunakan untuk menggerakkan radio ini adalah energi dari siaran radio itu sendiri. Akan tetapi karena energi radio tadi sangat kecil maka diperlukan alat khusus agar dapat kita dengarkan langsung, yakni dengan menggunakan crystal earphone berimpedansi 2,000 ohm atau lebih. Headphone biasa yang kita pakai di rumah tidak cukup kuat untuk meneruskan energi tadi.

Komponen
Berikut adalah skema sederhana dari radio kristal:

Komponen 02

Komponen yang kita butuhkan adalah:

  1. Variable capacitor radio AM
  2. Kawat enamel 0,3 – 1 mm dengan panjang + 15 meter
  3. Selongsong tisu gulung bekas
  4. Diode germanium 1N60
  5. Crystal earphone 2,000k Ohm
  6. Antena (minimal tinggi 5 meter)
  7. Ground (terbuat dari sebatang besi yang ditancapkan ke tanah lembab)

Mari Kita Buat!

  1. Buat koil dengan menggulung rapi kawat enamel ke wadah tisu bekas sebanyak 76 lilit. Usahakan dililit rapi, satu dengan lain rapat. Jangan lupa sisakan beberapa centi untuk sambungan.
  2. Rangkai komponen varco dan diode seperti skema di atas. Untuk varco hubungkan kaki tengah ke ground dan yang kanan atau kiri ke koil.
  3. Pasang komponen ke antena.
  4. Pasang komponen ke ground.
  5. Pasang earphone ke telinga dan putar-putar varco.
  6. Jika tidak terdengar suara apapun periksa kembali sambungan, antena, dan ground-nya.
  7. Jika semuanya terpasang baik maka akan terdengar suara siaran radio yang dekat denganmu!
  8. Untuk hasil lebih baik gunakan antena yang lebih tinggi.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *