Kelompok Studi Bandung Oral History (BOH): WORKSHOP SEJARAH LISAN 2010


Kelompok Studi Bandung Oral History (BOH): WORKSHOP SEJARAH LISAN 2010
Bandung Oral History (BOH) adalah kelompok belajar sejarah lisan yang berdiri di Bandung tahun 2009. Selama beberapa waktu terakhir, kelompok ini secara fokus mengembangkan metode sejarah lisan dalam berbagai tema penelitian sejarah di berbagai ranah kreativitas. Untuk membangun kesadaran bersejarah dan mengembangkan metode sejarah lisan, sekaligus menerapkan metode ini di ranah kehidupan yang lebih ramah dan aplikatif, BOH akan menggelar workshop sejarah lisan yang rencananya akan digelar selama bulan April 2010.

Jadwal
8 April 2010, Kuliah Umum ”Sejarah dan Sejarah Lisan”, Game Simulasi Teknik dan Metode Sejarah Lisan oleh Kimun666.
15 April 2010, Presentasi Latihan Riset Teknik Sejarah Lisan dan Pemutaran Film ”The US Vs John Lennon”
22 April 2010, Obrolan Petang dengan Para Pelaku Sejarah Konferensi Asia Afrika
29 April 2010, Ceramah Umum “Sejarah Lisan Hari Ini” oleh Drs. Reiza D. Dienaputra, M.Hum. dan sharing bersama penulis, fotografer, dan pembuat film mengenai aktivitas riset dalam berkarya.

Mari bergabung!!!

We want we all together reconstruct this scene in history!!! Our histroy!!!

Untuk informasi dan pendaftaran hubungi Common Room Networks Foundation, Jl Kyai Gede Utama no. 8. No. Telp.: 022-2503404 atau 08568682557 (Mba Nunung) atau 02292209221(Zia). Imel bisa dikirimkan ke kimun666@ujungberung.com.

EACH DAY IS A DRIVE THRU HISTORY!

Keberadaan sejarah sebagai kisah tentang masa lampau manusia secara eksplisit memperlihatkan peran penting sejarah sebagai ilmu yang memberi penjelasan tentang peran manusia dalam kehidupan. Selanjutnya, berpijak pada realitas bahwa manusia sebagai zoon politicon maka peran itu juga menyertakan keberadaan manusia-manusia lainnya yang hidup secara bersama-sama, baik itu dalam bentuk komunitas keluarga, kerabat, suku bangsa, hingga bangsa.

Dalam pemahaman itu, sejarah pada akhirnya tidak sekedar mampu memberi penjelasan tentang peran manusia secara individu tetapi juga memberi penjelasan tentang peran manusia secara kolektif, dari tingkat keluarga, kerabat, suku bangsa, hingga bangsa. Kesadaran tentang perjalanan hidup di kelampauan itulah yang pada akhirnya akan mampu memetakan identitas atau jatidiri manusia secara individual maupun manusia sebagai anggota suatu komunitas.

Salah satu metode paling penting dalam melakukan rekonstruksi sejarah adalah metode sejarah lisan. Metode sejarah lisan dilakukan dengan cara wawancara sejarah yang kemudian ditranskripsi menjadi dokumen tertulis yang valid sebagai sumber penelitian sejarah.

Metode ini juga sangat sederhana dan menarik karena melibatkan interaksi langsung antara penulis sejarah dengan sumber sejarah, metode sejarah lisan pada gilirannya mampu melibatkan siapa saja di dalamnya, sekaligus memberikan pengalaman yang mendalam di keterlibatan penulis sejarah dengan obyek penelitiannya. Inklusivitas ini pada gilirannya mampu menggugah kesadaran bahwa sejarah adalah milik semua orang dan karenanya maka setiap dari mereka berhak dan bisa menuliskan sejarahnya sendiri-sendiri.

Workshop Sejarah Lisan 2010 akan terbagi ke dalam empat termin pertemuan, yaitu:

8 April 2010, dari pukul 16.00 – 19.00 WIB
Bertempat di Common Room, Jl Kyai Gede Utama 8, dengan agenda kuliah umum dari Kimung dengan tema “Sejarah dan Sejarah Lisan” dan simulasi metode sejarah lisan.

15 April 2010, dari pukul 16.00 – 19.00 WIB
Bertempat di Common Room, Jl Kyai Gede Utama 8, presentasi judul-judul riset sejarah lisan dan pemutaran film dokumenter “The Us vs John Lennon.”

22 April 2010, dari pukul 16.00 – 19.00 WIB
Bertempat di Museum Asia Afrika, peserta workshop akan bergabung dalam acara obrolan santai para pelaku sejarah Konferensi Asia Afrika yang digelar oleh Museum Asia Afrika bekerja sama dengan BOH dengan tajuk “Obrolan Petang 55 Tahun Konferensi Asia Afrika.”

29 April 2010, dari pukul 16.00 – 19.00. WIB
Bertempat di Common  Room, Jl Kyai Gede Utama 8, dengan agenda ceramah umum dari Drs. Reiza D. Dienaputra, M.Hum dengan tema “Sejarah Lisan Hari ini” dan sharing bersama penulis, fotografer, dan movie maker berkaitan dengan aktivitas riset di ranah kreativitas.

Mari bergabung!!!

We want we all together reconstruct this scene in history!!! Our histroy!!!

Untuk informasi dan pendaftaran hubungi Common Room Networks Foundation, Jl Kyai Gede Utama no. 8. No. Telp.: 022-2503404 atau 08568682557 (Mba Nunung) atau 022-92209221(Zia). Imel bisa dikirimkan ke kimun666@ujungberung.com.

EACH DAY IS A DRIVE THRU HISTORY!

Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Kelompok Studi Bandung Oral History (BOH), serta di dukung oleh Common Room Networks Foundation dan Hivos.

Leave a Reply