Pertemuan Bandung Creative City Forum | Common Room | 7 Januari 2008

Papan Tulis

Melanjutkan pertemuan sebelumnya, working group Bandung Creative City Forum kembali melakukan pertemuan di Common Room pada tanggal 7 Januari 2008. Seperti yang telah disepakati, kali ini pertemuan hanya diikuti oleh anggota working group yang terdiri dari perwakilan beberapa komunitas dan organisasi yang terlibat dalam beberapa pertemuan sebelumnya. Adapun anggota working group yang hadir di dalam pertemuan ini adalah Addy Gembel (Ujungberung Rebels), Gustaff H. Iskandar (Common Room), Utun (GPSP/ Sunda Underground), Iit (Omuniuum), Tata Soemardi (Artepolis/ PSUD), Agus Rakasiwi (Aliansi Jurnalis Independen/ AJI) , Fiki Satari (KICK) & Ridwan Kamil (URBANE). Selain itu, pertemuan ini juga dihadiri oleh Endin (Artepolis/ PSUD) & Trie (Omuniuum).

Agenda yang dibicarakan di dalam pertemuan ini adalah koordinasi kerja working group Bandung Creative City Forum dan penyusunan rencana program kegiatan di sepanjang tahun 2008. Untuk susunan tim working group yang dibicarakan adalah sebagai berikut:

1. Koordinator Program: Gustaff H. Iskandar
2. Kesekertariatan: URBANE
3. Government Relation: Fiki Satari & Utun
4. Bendahara: Woerjantari Soedarsono
5. Koordinator Dana Usaha & External Relation: Ridwan Kamil
6. Koordinator Media: Agus Rakasiwi, Dewi Lestari, Adi Gembel & Iit

Untuk program kegiatan tahun 2008, forum ini sepakat untuk menggunakan nama HELAR FESTIVAL 2008 sebagai nama untuk rangkaian kegiatan yang direncanakan. Adapun beberapa kegiatan yang diusulkan antara lain adalah:

1. Sunda Festival (Festival budaya tradisional masyarakat Sunda)
2. Artepolis (Seminar urban planning & budaya kreatif)
3. KickFest (Festival industri clothing independen)
4. Public Art Project (Proyek seni ruang publik)
5. Bandung Deathfest (Konser musik death metal)
6. Bandung Creative Writing Festival (Festival sastra dan penulisan kreatif)
7. Architecture Biennalle (Pameran arsitektur)
8. Bandung New Emergence (Pameran seni visual)
9. Riset Komunitas Ujungberung Rebels (Riset komunitas kreatif)
10. Freedom Jazz Festival (Konser musik jazz)
11. Street Soccer Fest. (Kompetisi olah raga)
12. Bandung Creative Community Competition
13. Saparua Project (Revitalisasi gedung konser Saparua)
14. Penerbitan buku Bandung Creative City Forum

Selain beberapa kegiatan di atas, ada beberapa kegiatan lain yang diusulkan dan akan dikonfirmasi oleh working group pada pertemuan selanjutnya. Dalam waktu dekat, working group akan melakukan pendataan, perancangan & penjadwalan program dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan di sepanjang tahun 2008. Rencananya, rangkaian kegiatan Helar Festival 2008 akan dilaksanakan di sepanjang bulan Agustus dan September 2008. Terkait dengan persiapan pelaksanaan program, forum juga mendiskusikan logo kegiatan yang diperlukan sebagai sarana komunikasi dan publikasi bagi seluruh kegiatan Bandung Creative City Forum. M. Yahya dari Image Nation telah memberikan masukan dan agenda ini akan dibahas oleh forum pada pertemuan selanjutnya.

Dalam pertemuan ini, forum juga menyepakati kalau sebaiknya Bandung Creative City Forum juga bisa membicarakan beberapa hal yang lebih strategis dan tidak hanya berorientasi pada penyelenggaraan kegiatan bersama. Hal ini terutama ditujukan agar Bandung Creative City Forum dan pembicaraan mengenai pengembangan platform ekonomi kreatif di kota Bandung dapat menyentuh berbagai persoalan yang lebih esensial dan berdampak bagi masyarakat luas. Untuk itu forum sepakat kalau tahun 2008b diharapkan dapat menjadi momentum bagi pengembangan platform ekonomi kreatif yang berkelanjutan di Kota Bandung.

8 thoughts on “Pertemuan Bandung Creative City Forum | Common Room | 7 Januari 2008

  1. Diantos,,ya Helaranana,,,,
    cag geura miang barudak,,,,,,,

  2. meski begitu, sangat setuju, hidup bandung!! hidup kreatif !!

  3. saya teman dekat fiki chikara semasa sma&kuliah,tp saya kehilangan kontak.dgn forum ini mudah2han sy bs bersilaturahmi lg.fiki tlg email sy yaaa thx…

  4. mo tanya,apakah industri kreatif di BDG ada kebijakan/Perda yg khusus mengaturnya??
    Thx

  5. tahun 1986 sampai 1990 saya berjuang sendirian diCihamplas,waktu permulaannya diCihamplas hanya ada 3 toko fashionjeans,
    saya memberi turbo untuk zona itu,memperoleh
    banyak uang,girls,party,car.Tahun 1990 saya
    harus meninggalkan Bandung,kini saya menemuk
    an CRNF,maju dan berkembang untuk CRNF,
    hingga menjangkau internasional.my support,
    robsantas@hotmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website