Program

Informasi Agenda Kegiatan Common Room | Oktober 2011

[Workshop & Gathering] ON|OFF CHAT 2011: “Media Sosial untuk Perubahan”, Kamis, 1 Oktober 2011 | [Konser] DUB COLLECTIVE | Ngobrol Santai dan Pertunjukan Musik, Rabu, 5 Oktober 2011 | [Workshop] PELATIHAN RELAWAN ZERO WASTE, Sabtu s/d Minggu, 8 – 9 Oktober 2011 | [Konser] ARRINGTON DE DIYONISO’s MALAIKAT DAN SINGA PROJECT, Senin, 10 Oktober 2011 | [Kelas Belajar Musik] Belajar Laras Pelog Bersama Robi (Disculture), Rabu, 19 Oktober 2011 | [Diskusi] Musik dan Ideologi, Kamis, 27 Oktober 2011 | [Konser] HURAHURA DI UDARA #1, Sabtu, 29 Oktober 2011 | [KEGIATAN RUTIN] Belajar Laras Pelog Bersama Robi (Disculture), Pertemuan Mingguan Bandung Oral History, Workshop Mingguan DJ Openlabs x Bandung Hiphop Community, Latihan Mingguan Paper Back, Karinding Attack, TRAH, Flava Madrim, dan Karinding Riot | [SIARAN RADIO ONLINE] Madness Monday/ Sixteenloops (setiap Senin, Pk. 19.00 – 22.00 WIB), Gigsonsky (setiap Selasa, Pk. 19.00 – 22.00 WIB), Gigsonsky Playmix (setiap Selasa, Pk. 22.00 – 23.00 WIB), Neng Ita (setiap Rabu, Pk. 16.00 – 18.00 WIB), Radiologia (setiap Rabu, Pk. 19.00 – 22.00 WIB), Kamis Tiris (setiap Kamis, Pk. 19.00 – 22.00 WIB), Gigsonsky Marimar (setiap Kamis, Pk. 22.00 – 00.00 WIB), Our Playlist / Live Streaming / 24 Hours Loop (tentative setiap Sabtu dan Minggu)

[Workshop & Gathering] ON|OFF CHAT 2011: “Media Sosial untuk Perubahan”
Waktu: Kamis, 1 Oktober 2011
Jadwal: Pk. 09.00-15.00 WIB (Workshop) | Pk. 15.00 – 18.00 WIB (Kopi Darat)
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Kegiatan sharing dan diskusi tentang penggunaan media sosial sebagai instrumen pendorong perubahan. Kegiatan ini diselenggarakan atas inisiatif @onoffid, Maverick, Kedutaan Amerika Serikat yang bekerja sama dengan @GigsOnSky dan Common Room sebagai bagian dari rangkaian persiapan penyelenggaraan ON|OFF 2011.

Pembicara: Nila Tanzil, @nilatanzil (founder http://tamanbacaanpelangi.com, @pelangibooks) | Wicaksono, @ndorokakung (chairman Pesta Blogger 2008/ advisor ON|OFF 2011) | Moderator: Ranti Puji Agusti, @rantipujiagusti (Manajer Program Common Room)

Pendaftaran dibuka gratis untuk 50 orang dengan mengirimkan nama lengkap, alamat dan nomor handphone melalui email ke alamat [email protected] Info lebih lanjut silahkan kunjungi laman http://onoffid.org | Live streaming via https://commonroom.info atau follow @radiologia_bdg dan @gigsplay.

[Konser] DUB COLLECTIVE | Ngobrol Santai dan Pertunjukan Musik
Waktu: Rabu, 5 Oktober 2011 | Pk. 16.00 – 20.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Kehadiran musik dub reggae konon berawal dari ide untuk membuat lantai dansa yang beratapkan langit, lengkap dengan setumpuk speaker subwoofer untuk menghantam seantero ruangan dengan irama bass yang mendentam. Kemudian ada seorang shaman bebunyian yang membangun dasar musik dub reggae dengan dentingan yang diberi sentuhan delay khas Jamaika, bersama seorang MC’s yang memprogandakan semangat dub, roots, reggae, rastafari ataupun kisah-kisah lainnya.

Salah seorang pionir dub reggae adalah King Tubby, ahli tata suara yang juga seorang insinyur listrik. Ia mengolah suara drum reggae dengan menggunakan alat rekaman 8 jalur melalui papan mixer miliknya. Setelah itu ia membumbui suara drum tersebut dengan efek echoes dan reverb dengan jumlah yang sangat banyak sehingga bunyinya terdengar sangat absurd. Belakangan racikan ini diketahui secara sengaja disiapkan untuk menemukan momentum harmoni bebunyian yang dapat memanjakan gendang telinga dengan cara yang khas.

Gema musik dub reggae saat ini sudah bergaung di dunia secara luas. Saat ini ada banyak orang yang mulai menikmati genre musik yang juga dikenal dengan suara efek echoes yang berputar tanpa henti. Cabang musik dub reggae saat ini juga telah berkembang pesat dan berbaur dengan berbagai jenis dan genre musik dari seluruh dunia, mulai dari pop, elektronik, punk, drum and bass, dsb. Di Indonesia, skena musik dub reggae belumlah berkembang sepopuler musik reggae, akar musik dub yang lahir dari ritual para shaman di Jamaika.

Sejauh ini skena musik dub reggae di Indonesia juga masih belum banyak terjamah oleh khalayak ramai walaupun sebagian penikmat musik di sini telah dapat menyaksikan film dokumenter “Dub Echoes” (Bruno Natal, 2007). Namun begitu, kelangsungan genre musik ini di Indonesia adalah fenomena yang langka dan manis untuk disimak.

Terkait dengan hal ini, Dub Collective adalah kegiatan non-profit yang secara khusus diselenggarakan untuk memperkenalkan genre musik dub reggae kepada para penggemar musik di Indonesia. Selain itu, suguhan kali ini juga dipersembahkan kepada siapapun yang menyukai musik reggae ataupun bermacam variasi musik sejenisnya.

Mempersembahkan: Kusnikasdut (Bandung) | Sub Fever (Jakarta/ Bandung) | Perompak Soundsystem (Bandung) | Money Honey (Bandung) | Kegiatan ini terselenggara melalui kerjasama antara Common Room, osixtysix dan Openlabs | Gratis dan terbuka untuk umum.

[Workshop] PELATIHAN RELAWAN ZERO WASTE
Waktu: Sabtu s/d Minggu, 8 – 9 Oktober 2011 | Pk. 08.30 – 17.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Upaya mewujudkan visi tentang lingkungan hidup yang baik harus dilakukan dengan melibatkan masyarakat luas. Pelatihan merupakan salah satu strategi dalam upaya penyebaran kampanye dan cara yang paling memungkinkan agar semakin banyak orang yang terlibat. Kegiatan ini diharapkan dapat menampung minat masyarakat yang memiliki kemampuan untuk menjadi agen kampanye pola hidup organis.

Acara ini merupakan program kerja sama antara Yayasan Pengembangan Biosains & Bioteknologi (YPBB) dan Common Room. Info tentang YPBB silahkan akses laman http://ypbbblog.blogspot.com/

[Konser] ARRINGTON DE DIYONISO’s MALAIKAT DAN SINGA PROJECT
Waktu: Senin, 10 Oktober 2011 | Pk. 19.00 – 22.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Malaikat dan Singa adalah proyek musik yang diinisiasi oleh Arrington de Dionyso (US) yang berkunjung ke Indonesia untuk pertama kalinya atas undangan Yes No Klub. Terinspirasi oleh musik etnis Indonesia seperti Kuda Lumping, Reog, Jaipong dan Dolala, Malaikat dan Singa memainkan musik dengan lirik lagu yang ditulis dan dinyanyikan dalam bahasa Indonesia. Sebagian besar merupakan rangkaian penggalan kata yang diambil dari berbagai sumber seperti karya literatur Zohar dan William Blake, yang kemudian diterjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia.

Menampilkan: Malaikat dan Singa, Anjing Balada, Karinding Attack, dan Terbujur Kaku. Acara ini merupakan program kerja sama antara Yes No Klub, Common Room dan Anti Social Party Club. Gratis dan terbuka untuk umum.

[Kelas Teori dan Praktik Musik] Belajar Laras Pelog Bersama Robi (Disculture)
Waktu: Rabu, 19 Oktober 2011 | Pk. 16.00 – 17.30 WIB
Jadwal: Setiap hari Rabu, Pk. 16.00 – 17.30 WIB.
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8 Bandung

Program ini dibuka untuk mendukung perkembangan sanggar musik tradisional dan pendidikan musik Karawitan. Selain mempelajari Laras Pelog (tangga nada dari Karawitan Sunda), Robi juga akan mengajak peserta untuk mengeksplorasi penggunaan Laras Pelog untuk menciptakan komposisi musik Metal yang saat ini merupakan genre musik yang sedang tumbuh subur di Kota Bandung.

Acara pembukaan kegiatan akan menampilkan konser kecil berupa pentas penggunaan kwasi Laras Pelog pada Musik Metal dengan menggunakan Sibelius Scores. Gratis dan terbuka untuk umum.

[Diskusi] Musik dan Ideologi
Waktu: Kamis, 27 Oktober 2011 | Pk. 15.00 – 18.00 WIB
Pembicara: Marine Ramdhani (FFWD Records), Kimung (penulis), Acep Iwan Saidi (Ketua Forum Studi Kebudayaan ITB)

Musik dan ideologi sejauh ini merupakan dua wilayah yang terkadang beririsan antar satu dengan yang lain. Di era 1960-an yang dianggap sebagai periode generasi emas “baby boomers”, musik merupakan media populer yang ikut menyebarkan ideologi tentang cinta dan perdamaian. Dalam perkembangan musik punk dan hardcore misalkan, kita juga dapat menemukan berbagai bentuk cerminan ideologi semisal gagasan tentang sosialisme, environmentalisme, kesetaraan gender, dsb.

Contoh lain dalam perkembangan musik Barat, kita juga telah memperhatikan bagaimana Radiohead ataupun Rage Against The Machine secara lantang menyebarkan ideologi tertentu di dalam karya musik mereka. Walaupun tidak selalu tampil secara utuh, dunia musik merupakan media yang kerap digunakan untuk menyampaikan gagasan ataupun ideologi para penciptanya. Diskusi ini akan mengkaji persoalan ideologi dalam konteks perkembangan musik di tanah air, selain melacak jejak ideologi dalam perkembangan dunia musik di skena musik lokal, serta irisannya dengan budaya populer.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program kajian musik yang diinisiasi oleh Common Room. Gratis dan terbuka untuk umum.

[Konser] HURAHURA DI UDARA #1
Waktu: Sabtu, 29 Oktober 2011 | Pk. 19.00 – 21.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Hurahura di Udara #1 merupakan offline project dari Gigsonsky Online Radio. Acara ini akan menampilkan musisi yang sebelumnya pernah mengisi sesi interview dalam salah satu program radio Gigsonsky. Kali ini konser Hurahura di Udara akan menampilkan sesi akustik dari The Panic, The Saturday Guy, dan The Black and Dangerous.

Konser ini merupakan program kerja sama antara Gigsonsky, Gigsplay dan Common Room. Gratis dan terbuka untuk umum.

Ayo kita berhura-hura di udara!!!

KEGIATAN RUTIN

KELAS BELAJAR
Penggunaan Kwasi Laras Pelog pada Musik Metal dengan menggunakan Sibelius Scores | Setiap hari Rabu dimulai Pk. 16.00 – 17.30 WIB. Informasi hubungi Robi (Disculture) di nomor +6285659828666 (Kelas baru akan dimulai pada 19 Oktober 2011)

Pertemuan Mingguan Bandung Oral History | Setiap hari Kamis dimulai Pk. 17.00 WIB. Informasi hubungi Zia di nomor +6222 92209221

Workshop Mingguan DJ Openlabs x Bandung Hiphop Community | Setiap hari Kamis dimulai Pk. 19.00 WIB. Informasi hubungi Jay di nomor +681573788327

LATIHAN MUSIK

  • Paper Back setiap hari Senin Pk. 14.00 – 18.00 WIB, informasi hubungi Zemo di nomor +6222 2503404
  • Karinding Attack setiap hari Selasa dan Jumat Pk. 20.00 – 23.00 WIB, informasi hubungi Kimung / Man Jasad di nomor +6222 2503404
  • TRAH setiap hari Rabu dimulai Pk. 18.00 – 23.00 WIB, informasi hubungi Ghera di nomor +6285624814597
  • Flava Madrim setiap hari Kamis Pk. 13.00 – 17.00 WIB, informasi hubungi Kimung / Man Jasad di nomor +6222 2503404
  • Karinding Riot setiap hari Kamis Pk. 17.00 – 19.00 WIB, informasi hubungi Hendra di nomor +62818639881

SIARAN RADIO ONLINE
Madness Monday / Sixteenloops setiap hari Senin Pk.. 19.00 – 22.00 WIB
Gigsonsky setiap hari Selasa Pk. 19.00 – 22.00 WIB
Gigsonsky Playmix setiap hari Selasa Pk. 22.00 – 23.00 WIB
Neng Ita setiap hari Rabu Pk. 16.00 – 18.00 WIB
Radiologia setiap hari Rabu Pk. 19.00 – 22.00 WIB
Kamis Tiris setiap hari Kamis Pk. 19.00 – 22.00 WIB
Gigsonsky Marimar setiap hari Kamis Pk. 22.00 – 00.00 WIB
Our Playlist / Live Streaming / 24 Hours Loop**
**tentative Sabtu dan Minggu

Siaran dapat diakses melalui laman http://gigsonsky.com | https://commonroom.info atau follow akun twitter @CommonRoom_ID, @radiologia_bdg dan @gigsonsky.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *