Menelisik Sejarah Bandung

Mahanagari, LawangBuku, & Kota Baru Parahyangan dengan bangga mempersembahkan:

Bandung Pisaan
Menelisik Sejarah Bandung

Kota Bandung adalah sebuah kota yang memiliki sejarah panjang. Dahulunya merupakan sebuah danau purba yang dikelilingi oleh gunung, kemudian menjadi sebuah kota kabupaten, bagian dari kerajaan Sumedanglarang dengan ibukota di daerah Krapyak, daerah Dayeuhkolot saat ini. Di jaman kepemimpinan bupati R.A. Wiranatakusumah II, ibukota kabupaten dipindahkan ke tengah kota Bandung saat ini. Pemerintahan Belanda kemudian menjadikan kota Bandung ibukota karesidenan Priangan yang sebelumnya berada di Cianjur.

Pada saat ini, kota Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat yang berkembang dengan pesat. Berpenduduk sekitar 2.5 juta orang, dengan kepadatan per hektar sekitar 155 jiwa, kota Bandung saat ini sudah mengalami evolusi. Dahulu pernah dijuluki Parijs Van Java, kini sebagian orang menganggap Bandung sudah terlalu padat, macet, dan tidak lagi sejuk. Pembangunan demi pembangunan dilakukan, yang seringkali memicu kontroversi.

Secara budaya, akulturasi antar budaya Sunda, yang mengakari budaya kota Bandung, dengan berbagai budaya yang masuk ke kota Bandung melalui warga pendatang dan melalui berbagai ragam teknologi informasi berlangsung dengan cepat, menghasilkan sebuah produk budaya kontemporer kota Bandung yang khas.

Kegiatan diskusi yang akan kami lakukan di bawah ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan proses pengenalan budaya Bandung kepada masyarakat kota Bandung sendiri secara cukup masif. Pengenalan budaya dirasakan penting, karena masyarakat yang mengenal, akrab, dan paham dengan budayanya akan mempunyai kecintaan dan penghargaan terhadap budayanya tersebut, sehingga kegiatan pelestarian dan pengembangan budaya tidak lagi hanya menjadi milik sebagian orang.

Diskusi Marathon: Sejarah Kota Bandung 01

Konsep Acara

Kegiatan diskusi yang akan dilakukan secara marathon ini merupakan awal dari rangkaian acara pengenalan kembali sejarah dan identitas kultural kota Bandung secara masif. Rangkaian acaranya sendiri akan terdiri atas:

1. Diskusi Marathon: Mengenal Kembali Identitas Kultural Kota Bandung dan Pemutaran Film Bandung Tempo Dulu
2. Lomba dan Pameran Desain Kaos Bandung
3. Pembuatan Peta Wisata dan Budaya pada Angkot
4. Pameran dan Konser Seni Sunda di ruang publik

Tujuan dari pelaksanaan diskusi marathon ini adalah menciptakan generasi baru warga kota Bandung yang sadar pada budaya dan lingkungan kota Bandung. Hingga bila tiba saatnya generasi baru ini menjadi pemimpin dan pembuat keputusan untuk kota Bandung, mereka akan menjadi pemimpin yang bijak dan bertanggungjawab, serta mampu membuat keputusan yang tepat bagi kotanya.

Diskusi akan dilakukan secara marathon, di beberapa universitas dan sekolah menengah atas di Bandung, melalui kerjasama dengan himpunan-himpunan mahasiswa dan OSIS, yaitu: Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Parahyangan, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Bandung, Universitas Pasundan, SMU 3, dan SMU 2.

Diskusi akan dilakukan dengan bernuansa ilmiah namun dalam suasana yang semi-formal – dilengkapi dengan berbagai kegiatan pendamping yang berhubungan seperti pemutaran film, pameran buku, dll – untuk membangkitkan rasa cinta pada kota Bandung yang dahulunya tertata apik.

Diskusi akan dibagi secara kronologis selama delapan minggu yaitu:

1. Bandung Purba “Danau Purba Bandung, Ada Ga Sih?”

Acara pembuka ini akan terdiri atas kegiatan diskusi mengenai danau purba Bandung dan pemutaran film `Bandung: A Journey to Forgotten Past’ serta performance art oleh Deden Sambas.

Moderator : Manik (La Luna)
Pembahas :
* Irfan Amalee (Magnum Opus)
* Budi Brahmantyo (Kelompok Riset Cekungan Bandung)

Tempat : SMU 3 Bandung
Hari/Tanggal : Senin/15 Januari 2007
Pukul : 14.00 – selesai

2. Bandung Pra-Pajajaran “Bandung & Sunda Buhun

Diskusi mengenai Bandung Pra-Pajajaran khususnya mengenai budaya Sunda Buhun, dan pameran artefak-artefak jaman pra-Pajajaran* .

Moderator : Syauqi (Rase FM)
Pembicara :
* M. Zaini ( Kelompok Mainan Anak ‘Hong’)
* Felix ( Bandung Heritage)

Tempat : Aula Universitas Pasundan
Hari/Tanggal : Kamis /18 Januari 2007
Pukul : 09.00 – selesai

Acara akan dilanjutkan pada Bulan Februari dan Maret 2007 dengan tema-tema menarik lainnya

Informasi:
Deni (022-703 84797)
Sri Pujiyanti (0811214632)

Email: bandungpisan07@ yahoo.com

Milis: ngariungbandung@ yahoogroups. com
Web: http://mahanagari. multiply. com

Leave a Reply