[Diskusi MLI] Logika dan Hukum | Rabu, 30 Oktober 2013

“Peran Ilmu/Logika Matematika dalam Memahami Hukum dan Praktik Hukum di dalam Sistem Hukum Indonesia”

Narasumber:
Wahyuni Bahar, SH., LL.M*

Hari/Tanggal: Rabu, 30 Oktober 2013
Waktu: Pukul 14.00 – 17.00 WIB
Tempat: Ruang Audio Visual, Lantai 4, Perpustakaan Pusat ITB, Jl. Ganesha No. 10.

Pengantar
Pasca reformasi pada tahun 1998 salah satu hal yang menjadi titik balik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Periode ini ditandai dengan semakin berperannya hukum dalam segala macam aktivitas kehidupan berbangsa dan bernegara. Cita-cita bahwa supremasi hukum yang selama masa Orde Baru bagaikan sebuah angan-angan, setelah bergulirnya reformasi menunjukkan peran dan posisi yang semakin kuat.

Namun demikian pada saat yang bersamaan, persepsi hukum yang ada di sebagian masyarakat justru menganggap hukum positif yang ada sangat jauh dari pemahaman masyarakat. Bahkan masyarakat memandang hukum menjadi tidak logis lagi di mata mereka. Hukum tampak semakin formal prosedural dan terasing jauh dari logika masyarakat awam. Hukum menjadi sesuatu yang hanya dipahami dan hanya mungkin ditelusuri oleh para pengacara, hakim, jaksa, dan dosen di bidang hukum.

Pertanyaannya mengapa hal ini terjadi dan apa penyebabnya? Apakah mungkin ilmu/logika matematika khususnya dapat dimanfaatkan untuk memahami hukum dan praktek hukum di Indonesia? Melalui diskusi ini kita akan mencoba untuk mengetahui dan memahami sejauh mana peran ilmu/logika matematika dalam memahami hukum dan praktek hukum di Indonesia.

*Alumni Jurusan Hukum Internasional, Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Bandung dengan spesialisasi Hukum Udara dan Ruang Angkasa (Air and Space Law); Advokat dan Partner dari Firma Hukum Bahar & Partners yang mempunyai pengalaman panjang dalam praktek hukum korporasi dan komersial bisnis di Indonesia. Wahyuni Bahar juga tercatat sebagai Alumni dari Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung.

One thought on “[Diskusi MLI] Logika dan Hukum | Rabu, 30 Oktober 2013

  1. infonya sangat bagus pak, namun dalam penulisan judul ini mohon maaf saya koreksi sedikit:
    Seharusnya kita menuliskan Praktik Hukum Bukan Praktek HukumKarena apabila kita menuliskan praktek merupakan kata serapan yang tidak baku sehingga alangkah baiknya kita rubah menjadi praktik

Leave a Reply