[Diskusi] Menuju Masa Depan Bersama melalui Masyarakat Pengetahuan Indonesia | Rabu, 24 Oktober 2012

Menuju Masa Depan Bersama melalui Masyarakat Pengetahuan Indonesia
Penyaji Materi: Armein Langi
Hari/ Tanggal: Rabu, 24 Oktober 2012, pk. 14.00 – 17.00 WIB
Venue: Common Room, Jl Muararajeun no.15, Bandung (Dekat PUSDAI/ Di belakang Hotel Mitra)

—————————————————————–

Tulisan Pengantar oleh Armein Langi

Persoalan kita bukan bagaimana Indonesia akan menjadi sepuluh besar kekuatan ekonomi dunia, tetapi mayoritas anak bangsa ada di mana saat visi itu terwujud. Jadi Sumpah Pemuda yang baru haruslah: “kami putra-puteri Indonesia bermasa depan satu, masa depan bersama”. Persatuan Indonesia adalah komitmen untuk memberikan masa depan bersama bagi semua.

Membangun bangsa saat ini saya artikan sebagai membangun masyarakat pengetahuan yang bersama-sama menciptakan kekayaan (wealth creation) berbasis kecerdasan yang sarat nilai-nilai luhur. Tapi harus disadari perubahan masyarakat hanya efektif bila dilakukan oleh pusat kekuasaan. Saat ini ada dua pusat kekuasaan tradisional: pemerintah (penguasa) dan bisnis (pengusaha). Intelektual harus membangun pusat kekuasaan yang ketiga: masyarakat pengetahuan. Membangun bangsa berarti membangun pusat kekuasaan berbasis intelektualitas dan masyarakat berpengetahuan.

Pendidikan bagi semua adalah kunci untuk memperluas masyarakat pengetahuan. Pendidikan adalah pembentukan karakter dan sifat yang cocok dalam memasuki pusat kekuasaan ketiga. Pendidikan mengajarkan bahasa realitas, pengenalan akan diri, serta kemampuan/kapasitas untuk memahami kehidupan. Kunci pembangunan bangsa adalah penguasaan *new ways of wealth creation*.

Pada akhirnya, saya mencita-citakan suatu bangsa cerdas di mana kemajuan seseorang tidak dicapai melalui kekuatan hukum atau kekuatan finansial, tetapi melalui (i) kekuatan karakter, (ii) keluasan ilmu pengetahuan, (iii) kreativitas problem solving, dan (iv) keluhuran nilai.

**Acara ini merupakan kerjasama anatara Moedomo Learning Initiatives dan Common Room.

Leave a Reply