Common Room Update | Februari 2008

Photobucket

Pada tanggal 2 Februari 2008, British Council Indonesia bekerjasama dengan Common Room Networks Foundation merilis http://bandungcreativecityblog.wordpress.com. Blog ini secara khusus dikembangkan untuk menghimpun berbagai informasi yang berhubungan dengan perkembangan dan wacana mengenai ekonomi kreatif di kota Bandung. Sementara itu, blog ini dirancang dan dikembangkan oleh tim riset Common Room yang terdiri dari Gustaff H. Iskandar, Dame Christina, Yasmin Kartikasari dan Addy Handy. Diharapkan blog ini dapat menjadi sumber informasi dan pengetahuan yang dapat memperkaya pengetahuan publik di bidang kreativitas dan ekonomi kreatif, sehingga dapat memicu terciptanya platform pengembangan ekonomi kreatif yang berkelanjutan di kota Bandung.

NoLabelStuff menyelenggarakan konser tunggal Efek Rumah Kaca pada tanggal 3 Februari 2008 di Common Room. Acara ini diberi nama Konser Intim Cinta Melulu dan menampilkan lagu – lagu dari album pertama mereka yang berjudul Self Title (Paviliun Records, 2007). Pada tanggal 9 Februari 2008, kami dikejutkan oleh insiden Sabtu Kelabu yang terjadi di gedung pertunjukan Asia Africa Cultural Center (AACC). 11 orang teman kita meninggal ketika selesai menonton konser launching album kelompok Beside yang berasal dari Ujungberung. Ditengah kebingungan, kesedihan dan frustasi, teman-teman kita yang tergabung dalam kolektif Solidaritas Independen Bandung (SIB) dan Rumah Cemara mengambil inisiatif untuk menyelenggarakan acara dialog publik pada tanggal 16 Februari 2008 di Gedung Teater Tertutup Dago Tea Huis.

Dihadiri oleh ratusan penggemar musik dan komunitas independen di kota Bandung, acara ini juga dihadiri oleh kelompok band Beside, perwakilan keluarga korban dan beberapa pembicara seperti dr. Teddy Hidayat SpKJ (Psikolog), Yesmil Anwar S.H., M.Si. (Kriminolog), Kimung (Penulis), Addy Gembel (Musisi), Tisna Sanjaya (Seniman), dsb. Ditutup dengan tabur bunga dan doa bersama di gedung AACC, dalam acara ini teman-teman SIB juga mengumpulkan sumbangan untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. Semua aktifitas ini kemudian mengkerucut pada kampanye Melawan Lupa yang dikumandangkan pada tanggal 14 Maret 2008 oleh teman-teman SIB untuk mencatat insiden Sabtu Kelabu sebagai momentum pembelajaran yang berharga bagi semua pihak di kota Bandung.

Leave a Reply