Capo Days Out!

Capo Exhibition at Common Room

Setelah menjalani proses selama kurang lebih satu tahun, akhirnya tim desainer AEWORX dari NoLabelStuff merilis Capo, sebuah custom toy yang secara khusus diciptakan untuk memicu para seniman dan desainer lokal untuk berkarya di bidang desain karakter untuk boneka. Dalam perkembangan industri mainan, custom toy memiliki tempat tersendiri diantara para penggemar boneka karena bentuknya yang unik dan langka. Tidak heran kalau di beberapa negara, custom toy biasanya berharga mahal dan diburu oleh para kolektor mainan.

Akhir-akhir ini minat untuk mengembangkan custom toy di Indonesia semakin marak seiring dengan berkembangnya industri custom toy di Jepang dan Hong Kong. Beberapa seniman dan desainer lokal kini mulai melebarkan sayapnya untuk merancang custom toy, sehingga mendorong lahirnya karakter boneka lokal yang berpotensi menjadi pesaing karakter boneka bikinan industri raksasa. Hal ini misalnya tercermin dari beraneka ragam desain karakter Capo yang dipamerkan di Common Room sejak tanggal 2 s/d 16 November 2007.

Di tangan sekitar 50 seniman dan desainer yang berasal dari Jakarta, Bandung dan Yogyakarta, boneka Capo menjelma menjadi aneka ragam mahluk ajaib yang mewakili karakter pembuatnya. Radi Arwinda misalnya. Ia merombak boneka Capo menjadi Radi Ngepet yang merupakan personifikasi dirinya ketika menjelma menjadi babi ngepet. Lain lagi dengan DXXXT yang mendesain Capo bergaya hip-hop lengkap dengan kalung emas asli. Sementara itu Eli Effendi menggarap Capo menjadi Eli, karakter rekaan yang ia rancang selama beberapa waktu terakhir. Selain sebagai personifikasi identitas, beberapa peserta juga ada yang memanfaatkan Capo sebagai wahana untuk bermain dengan imajinasi dan mengekspresikan kritik sosial mereka.

Sukses untuk tim desainer AEWORX dari NoLabelStuff. Mudah-mudahan pameran ini bisa memicu perkembangan custom toy di Indonesia. Terkait dengan kegiatan pameran Capo di Common Room, rencananya pada tanggal 18 November 2007 akan diselenggarakan workshop custom toy yang akan dipandu oleh beberapa peserta pameran. Untuk informasi mengenai workshop, silahkan hubungi Mbak Nunung di 022-70800620. Artikel yang terkait dengan pameran Capo dapat dibaca di halaman Kampus Pikiran Rakyat. Foto dokumentasi pembukaan pameran dapat dilihat di Heterologia. Informasi lebih jauh mengenai custom toy bisa diakses di Custom Toy Lab.

2 thoughts on “Capo Days Out!

  1. wah taf eui. pas ningali pertama, langsung cek di google capo teh naon. kalakah manggih definisi lain. ternyata maenan. asik taf. urang lain pecinta mainan, tapi customize karakter menarik pisan. mung aya pengajaran tentang ieu deui pang emailkeun euy. nuhun.

  2. Hahahah…si Buyungmah meuni kudu neangan di Google sagala…urang rada sering euy nyieun kegiatan workshop di Common Room. Ke lamun nyieun deui ku urang dibejaan. Email maneh naon euy…

Leave a Reply