Informasi Agenda Kegiatan Common Room | Juni 2011

[Pameran] icapture 1.0: Sinematic Photography oleh Ageng Purna Galih, 4-19 Juni 2011 | [Diskusi] Pertemuan Bilateral Presiden Gaban (Man Jasad) dan Presiden Panas Dalam Serikat (Pidi Baiq), 9 Juni 2011 | [Diskusi] Don’t Drink and Drive Campaign, 18 Juni 2011 | [Diskusi] Sharing Radio Online*, 19 Juni 2011 | [Diskusi] Seni dan Politik di Kota Bandung*, 23 Juni 2011 | [Diskusi] Mitos, Sejarah, dan Narasi Visual, 24 Juni 2011 | Kegiatan Rutin: Pertemuan mingguan Bandung Oral History (BOH), Pertemuan mingguan Openlabs, Pertemuan mingguan Kelas Karinding, dan Latihan mingguan Pencak Silat.

Nu:SubstanceFestival/2011/Polarities | 1 – 16 Juli 2011 | More info soon!
Pameran Seni Bebunyian [DERAU], Kajian Seni, Politik dan Teknologi, Botram + Public Campaign: Save Manglayang Mountain, Network Gathering, Site Visit: Gang Sesama + Papalidan di Cikapundung, Konser [In] Visible Spectrum, Presentasi Software dan Hardware, Resital Kelas Karinding, dan [Costume Party]: “Pihak Berwajib”.

*Program pra-event Nu:SubstanceFestival/2011/Polarities

[Pameran] icapture 1.0: Sinematic Photography oleh Ageng Purna Galih
Ageng Purna Galih, menyelesaikan studinya di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran Bandung jurusan Sastra Indonesia pada tahun 2005. Ia pernah bekerja untuk Ripple Magazine sebagai Graphic Designer serta menjadi photographer di Firebolt clothing company. Selain itu ia juga sempat mengerjakan proyek seni multimedia nirlaba bersama Pemuda Elektrik dan Sungsang Lebam Telak. Saat ini ia bekerja sebagai desainer grafis untuk CCF Bandung serta proyeknya, WAWBAWseries.

Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8
Waktu: 4 – 19 Juni 2011 (10.00 – 19.00, setiap hari kecuali libur)
Pembukaan: Sabtu, 4 Juni 2011, pk. 19.00 – 22.00 WIB

[Diskusi] Pertemuan Bilateral Presiden Gaban (Man Jasad) dan Presiden Panas Dalam Serikat (Pidi Baiq)*
Republik Gaban (Garut Bandung) dan Republik Panas Dalam Serikat adalah sebuah negara virtual yang didirikan oleh Man Jasad dan Pidi Baiq. Keduanya sejauh ini telah dikenal sebagai pemimpin yang memiliki warga serta pengikut yang sangat fanatik. Dalam kesempatan ini Presiden Republik Gaban dan Republik Panas Dalam Serikat akan menyelenggarakan pertemuan kerjasama bilateral sekaligus mendiskusikan berbagai permasalahan yang terjadi di negara masing-masing untuk mengembangkan strategi serta kebijakan bersama untuk menyikapi tersebut.

Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8
Waktu: Kamis, 9 Juni 2011, pk.13.00 – 18.00 WIB

[Diskusi] Don’t Drink and Drive Campaign
Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye yang bertujuan untuk mengajak khalayak agar mengkonsumsi minuman beralkohol secara aman dan bertanggungjawab. Selain penjelasan yang rinci mengenai dampak dari konsumsi minuman beralkohol secara serampangan, diskusi ini juga akan diisi dengan pemutaran video dan kesaksian dari para korban konsumsi minuman beralkohol yang tidak aman. Hadir sebagai narasumber Eka (Rumah Cemara), Ginan (Rumah Cemara), dan Addy Gembel (Forgotten).

Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8
Waktu: Sabtu, 18 Juni 2011, pk. 15.00 – 18.00 WIB

[Diskusi] Sharing Radio Online*
Keberadaan radio online di kota Bandung telah berkembang pesat sejak awal tahun 2000 hingga saat ini. Jika dibandingkan dengan radio konvensional, radio online merupakan wahana penyiaran yang lebih ringkas dan praktis. Dari segi produksi dan penyebaran materi, radio online juga merupakan salah satu media alternatif yang efektif bagi sebuah organisasi, komunitas atau perusahaan penyiaran untuk menyebarkan berita atau karya audio. Saat ini perkembangan radio online di kota Bandung sudah semakin meningkat dari segi jumlah, namun tidak terkonsentrasi dan masih tecerai-berai. Terkait dengan fenomena ini, Common Room bersama @Radiologia_BDG dan @GigsOnSky bermaksud untuk menyelenggarakan kegiatan sharing bersama dengan para pelaku radio online di kota Bandung dan beberapa kota besar lainya.

Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8
Waktu: Minggu, 19 Juni 2011, pk.14.00 – 16.00 WIB

[Diskusi] Seni dan Politik di Kota Bandung*
Diskusi ini akan mencoba untuk melakukan telaah serta menguraikan fenomena perkembangan seni yang beririsan dengan persoalan serta situasi sosial politik. Selain itu, diskusi ini juga merupakan salah satu upaya untuk meninjau ulang berbagai peristiwa yang memiliki konotasi politis dalam jangka waktu tertentu di kota Bandung. Sebagai bagian dari proses kajian, juga akan dibicarakan bagaimana perkembangan media digital dan teknologi juga memberi pengaruh tertentu bagi proses pembentukan kesadaran serta proses partisipasi politik dalam kegiatan seni dan budaya. Melalui diskusi ini, khalayak umum diharapkan dapat terlibat dalam proses refleksi serta upaya pengembangan diskursus seni budaya sebagai wahana pembelajaran dan pengembangan kesadaran politik dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini akan melibatkan para seniman, musisi, serta kurator seni dari kota Bandung.

Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8
Waktu: Kamis, 23 Juni 2011, pk. 15.00 – 18.00 WIB

[Diskusi] Mitos, Sejarah, dan Narasi Visual
Diskusi ini akan membicarakan berbagai aspek yang terkait dengan mitos dan sejarah yang menginspirasi dan mempengaruhi penciptaan karya seni di Indonesia dan negara-negara Balkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkaya wawasan berkarya dengan membangun perbincangan luas serta intim diantara publik seni dan khalayak umum. Hadir sebagai pembicara dalam diskusi ini adalah Antariksa, seorang peneliti sekaligus pendiri dari Indonesian Contemporary Art Networks (iCAN). Selain itu, diskusi ini juga akan mendatangkan Magdalena Peševová, seorang seniman yang tinggal dan bekerja di Praha, Republik Ceko. Magdalena adalah lulusan dari Academy of Fine Arts (Praha) dan Ecole des Beaux Artes (Prancis).

Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8
Waktu: Jumat, 24 Juni 2011, pk. 18.00 – 21.00 WIB

KEGIATAN RUTIN
Pertemuan mingguan Bandung Oral History setiap hari Kamis dimulai Pukul 17.00 WIB, Informasi hubungi Zia di nomor +6222 92209221

Pertemuan mingguan Openlabs setiap hari Kamis dimulai Pukul 19.00 WIB, Informasi hubungi Botak di nomor +628562064358

Pertemuan mingguan Kelas Karinding bersama Hendra Attack setiap hari Jumat dimulai Pukul 16.00 WIB, Informasi hubungi Hendra di nomor +62818639881

Latihan mingguan Pencak Silat bersama Kang Yuda (Perguruan Pencak Silat Cimande) setiap hari Rabu (Pk. 19.00 – 21.00 WIB. Informasi dan pendaftaran hubungi Man Jasad di nomor +628156211840

Leave a Reply