[Diskusi MLI] Pustaka Bergerak: Impian Nalar Aktif

pustaka_bergerak_eflyer

Diskusi Bersama Nirwan Ahmad Arsuka
(Pengelola Pustaka Bergerak)
Kamis, 26 Januari 2017, pk. 14.00 – 17.00 WIB
Ruang Serbaguna UPT Perpustakaan ITB
Jl. Ganesha No. 10

Pengantar Diskusi
Pustaka Bergerak adalah jaringan masyarakat madani yang secara sukarela bekerjasama membangun kekuatan dan kemandirian masyarakat dalam menyebarkan bacaan dan tontonan bermutu, yang diharapkan dapat menunjang pengembangan budaya ilmiah kritis. Perhatian yang agak khusus diarahkan ke wilayah yang sarana perhubungannya masih kurang berkembang. Jaringan ini bekerja dengan konsep bahwa perpustakaan harus datang menemui pembaca, khususnya kalangan anak-anak, dan bukan menunggu didatangi. Pustaka pertama-tama adalah kata kerja, baru kemudian menjadi kata benda.

Mitra lokal sekaligus pengelola pustaka datang dari aneka latar belakang: tukang rawat kuda, tukang tambal ban, bakul jamu keliling, pedagang tahu olahan sendiri, buruh bangunan, mantan wartawan yang meninggalkan pekerjaan tetapnya demi mengembangkan jaringan, seniman yang memilih kembali ke kampung untuk mengembangkan tanah kelahirannya, mahasiwa putus sekolah yang bertekad melanjutkan pendidikan formalnya, ibu rumah tangga, dll.

Pustaka Bergerak adalah salah satu bentuk manifestasi dari impian nalar aktif (the active dream of reason) yang berupaya menyebarluaskan produk-produk nalar sekaligus cara-cara kerja nalar yang sanggup mengoreksi diri dan melampaui pencapaiannya sendiri. Salah satu masalah yang dihadapi oleh Pustaka Bergerak adalah impian aktif dari nalar yang belum berkembang matang hingga tak sanggup mengritik dirinya sendiri. Hoax yang meraja lela di masyarakat, khususnya di media sosial, adalah salah satu manifestasi dari impian aktif nalar yang belum matang itu.

Leave a Reply