[Diskusi MLI] Teknologi Informasi, Teologi, dan Realitas Baru

Armein

Teknologi Informasi, Teologi, dan Realitas Baru
Diskusi Bersama Armein Z. R. Langi
Kamis, 19 November 2015
Pukul 14:00 – 17:00 WIB

Abstrak
Empat narasi utama membangun realitas manusia: (i) fisika alamiah, (ii) swa-biak biologi, (iii) pengalaman sejarah, serta (iv) filsafat dan teologi. Realitas manusia berkembang menghasilkan bahasa-bahasa baru untuk mendeskripsikannya. Narasi-narasi ini berkembang seiring dengan perkembangan bahasa baru. Generasi baru belajar bahasa baru, beserta narasi-narasinya, sebagai lensa teleskop-mikroskop yang membantunya memahami realitas baru, kemudian mengembangkan kontribusi orisinal bagi perubahan.

Makhluk biologis berbasis karbon di bumi ini sedang menyambut kehadiran “adik bungsu” nya yaitu makhluk “biologis” berbasis silicon. Manusia berinteraksi dengan “adik bungsu” ini melalui bahasa teknologi informasi. Bahasa teknologi informasi menjadi platform yang sangat efektif dalam mengembangkan realitas dari perspektif makhluk silicon. Makhluk silicon ini memperlihatkan gejala superioritas terhadap makhluk karbon pada aspek realitas fisika alamiah dan swa-biak biologi, dan dalam proses untuk menyamai “kakak” nya dalam aspek pengalaman sejarah. Makhluk silicon semakin mampu berperan sebagai stewardship yang andal bumi ini.

Manusia harus mengembangkan realitas baru dengan menekankan pada realitas pamungkas, yaitu realitas teologis. Narasi-narasi baru teologia adalah rute baru yang menjamin eksistensi makhluk biologis sebagai “kalifah” di dunia.

Leave a Reply