Bincang Buku: Melampaui Penglihatan | Common Room, Rabu, 10 April 2013

Bincang Buku: Melampaui Penglihatan; Kumpulan Esai Antropologi Visual tentang Media (Audio) Visual, Seni, dan Penonton
Penulis: M. Zamzam Fauzanafi (penulis buku)
Pembahas: Jejen Jaelani (Forum Studi Kebudayaan ITB)
Tempat: Common Room, Jl. Muararajeun no. 15, Bandung
Tanggal/pukul: 10 April 2013/19.00 s.d selesai

Penglihatan dan Apa yang Melampauinya
Buku ini merupakan kumpulan esai yang ditulis oleh M. Zamzam Fauzanafi sebagai akademisi sekaligus pegiat yang mendalami kajian antropologi visual. Melampaui Penglihatan dimaksudkan sebagai suatu upaya penafsiran budaya sehari-hari melalui detail citra media tontonan sebagai hasil; kerja kamera, mata penglihatan, visualitas, caption dan perbincangan mengenai penglihatan, pun pemaknaan di luar penglihatan itu sendiri.

Kumpulan esai dalam buku ini mencakup uraian dan penjelasan tentang dua wilayah kerja antropologi visual. Pertama, penggunaan medium/materi visual dalam riset, terutama foto dan video. Kedua, analisis terhadap materi visual dan properti sistem visual mengenai bagaimana segala sesuatu dilihat, serta bagaimana penglihatan dipahami dalam berbagai ekspresi dan pengalaman sosial (melalui lukisan, mural, televisi, hingga puisi, pengalaman menonton film).

Esai-esai ini bukan semata-mata mengenai dunia visual atau penglihatan, melainkan sebuah usaha untuk menempatkan yang visual dalam relasi kultural, sosial, dan politik yang kompleks. Melalui esai-esai ini yang visual, sebagaimana diungkap oleh MacDougall (2006: 222), ditempatkan sebagai jalan bagi indra yang lain untuk mengalami kompleksitas proses sosial, kultural, dan politik. Jalan yang tidak hanya membutuhkan penglihatan dan penafsiran, tetapi melibatkan emosi dan pemahaman indrawi.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Rumah Sinema dan Common Room. Gratis dan terbuka untuk umum.

Leave a Reply