[Workshop] A Music Biz: How To Make A Promotion Kit and Press Release | 14 April 2012

[Workshop] A Music Biz #2: How to Make Promotion Kit and Press Release
Sabtu, 14 April 2012
Pk. 14.00 – 17.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no.8, Bandung

Deskripsi Program
Dalam promosi musik/ band, biasanya manajemen membuat sebuah promotion kit. Tujuan dari pembuatan promotion kit adalah untuk menarik perhatian, membuat kesan dan menimbulkan minat agar klien menghubungi manajemen anda. Sebuah promotion kit biasanya berisi resume band yang di dalamnya terdapat kumpulan informasi yang umumnya terdiri dari biografi band, sample musik dan kartu nama.

Sebuah promotion kit juga dapat dibuat secara online, yang memungkinkan anda untuk mempresentasikan band dan musik jauh lebih baik daripada dengan menggunakan media fisik saja. Sebuah promotion kit online juga dapat menawarkan pengalaman multimedia, yang berisi bukan hanya foto, teks, dan gambar, tetapi juga musik dan video. Anda dapat membuat website atau mempergunakan layanan website yang dapat menjadi host bagi press kit online Anda.

Untuk mempersiapkan sebuah promotion kit yang baik, manajemen haruslah dilengkapi dengan berbagai kecakapan atau melibatkan orang lain yang memang memiliki kemampuan untuk dapat membuat promotion kit menjadi lebih menarik. Diantaranya misalkan penulis biografi band, fotografer, pembuat video ataupun desainer. Namun tugas promotion kit tidak berakhir disitu saja, penyebarannya juga memegang peranan yang penting. Dalam hal ini dibutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang khusus agar promotion kit dapat dipergunakan secara maksimal untuk mempromosikan karya musik/ band.

Press release adalah sebuah pernyataan tertulis kepada media. Yang tujuannya mengumumkan berbagai berita semisal jadwal pertunjukan, lagu atau video baru, dll. Press release juga penting untuk kegiatan promosi yang sekaligus berfungsi sebagai salah satu penghubung antara band, media dan publik. Musik/ band yang digarap secara mandiri terkadang mengalami kesulitan dalam membuat promotion kit dan press release, sehingga teknik pembuatan promotion kit dan penulisan press release penting untuk diketahui.

Acara A Music Biz: Promotion Kit and Press Release kali ini akan mengundang beberapa orang pembicara dengan berbagai kemampuan yang beragam, mulai dari manajemen band, jurnalis musik, pembuat video dan desainer yang memegang peran penting dalam menciptakan image dari suatu musik/ band dalam membuat promotion kit dan press release yang baik.

Pengisi Acara: Anto Arief, Idhar Resmadi, Rekti Yoewono, Ken Teror, Ori dan Nada Fiksi

Acara ini diselenggrakan oleh @ManajerBand, untuk info lebih lanjut hubungi Wawan Hernawan 081312331616.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website