Program

Pemutaran dan Diskusi Film The Finland Phenomenon | Rabu, 12 Desember 2012

[Pemutaran Film dan Diskusi] The Finland Phenomenon
Rabu, 12 Desember 2012, Pk. 14.00 – selesai
Common Room
Jl. Muararajeun No.15 Bandung

Pengantar
“The Finland Phenomenon” adalah film yang meliput perjalanan seorang pakar pendidikan asal Amerika Serikat di Finlandia. Dr. Wagner mengunjungi dan berdialog dengan berbagai pihak mulai dari para murid, guru, kepala sekolah, dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Beliau juga berbicara dengan penyelenggara pendidikan guru (teachers education) dan berdiskusi dengan Menteri Pendidikan di Finlandia. Di sisi lain, Dr. Wagner juga mengunjungi keluarga-keluarga, melihat langsung bagaimana kehidupan keluarga untuk mencari tahu bagaimana mereka menempatkan aspek pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat di sana.

Dalam perjalanannya di Finlandia, Dr. Wagner berusaha menemukan hal-hal apa saja menjadi faktor penting bagaimana negara Finlandia berhasil membangun sistem pendidikan yang berkualitas. Sebuah sistem pendidikan yang berpijak pada ‘TRUST’. Karenanya, sistem pendidikan di Finlandia tidak bertumpu pada test dan nilai siswa. Sistem pendidikan di Finlandia tidak juga bertumpu pada evaluasi kinerja guru maupun sekolah. Membangun barisan pendidik yang berkualitas dan berdedikasi sejak awal sepertinya jadi kunci keberhasilan bangsa ini.

Film akan dibedah oleh Andi Sutioso (Pemerhati/ Praktisi Pendidikan Holistik di Rumah Belajar Semi Palar) dan dimoderasi oleh Hendra Gunawan (Guru Besar Program Studi Matematika ITB). Pengantar diskusi dapat diakses di laman ini: http://slidesha.re/VWvILh

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Moedomo Learning Initiative (MLI) dan Common Room. Gratis dan terbuka untuk umum, khususnya bagi masyarakat yang peduli dengan perbaikan sistem pendidikan di Indonesia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *