[Diskusi] Air Bersih Untuk Masyarakat | Minggu, 24 Juni 2012

Waktu: Minggu, 24 juni 2012, pk. 15.00 – 18.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8 Bandung
Pembicara: Tardan Setiawan (Direktur PDAM Kota Bandung) dan Zaky Yamani (Jurnalis dan Peneliti)

Pengantar
Sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni, Common Room dan WALHI Jawa Barat bekerjasama menyelenggarakan acara diskusi mengenai ketersediaan air bersih untuk masyarakat. Diskusi ini secara khusus juga akan membahas fenomena usaha jual beli air bersih di wilayah Kota Bandung.

Bisnis air merupakan lingkaran setan yang sudah berlangsung cukup lama. Sejauh ini belum ada titik terang untuk mengatasi kerugian yang dihasilkan oleh aktivitas jual beli air di masyarakat. Sementara itu, hak atas air bersih merupakan hak dasar manusia sehingga pemenuhan kebutuhan atas air merupakan kewajiban yang harus dipenuhi negara. Dalam konteks ini Pasal 28 H Ayat 1 UUD Tahun 1945 menyatakan bahwa, “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”.

Diskusi ini akan mengundang perwakilan dari PDAM Kota Bandung dan Jurnalis yang telah melakukan investigasi mengenai ketersediaan air bersih di kota Bandung. Melalui kegiatan yang melibatkan kalangan birokrat, aktivis dan masyarakat sipil, kami berharap bahwa persoalan ketersediaan air bersih dapat dibicarakan secara bersama-sama untuk mendorong terciptanya lingkungan hidup yang baik dan sehat sehingga dapat menyokong kehidupan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin.

Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

Leave a Reply