Informasi Agenda Kegiatan Common Room | November 2011

[Musik Santai] Kahot Pasosore, Kamis, 10 November 2011, [Konferensi Press] Interaksi Hati #2: Kompilasi Musik dan Video Klip, Sabtu, 12 November 2011, [Konser dan Diskusi] Pra-Event Bandung World Jazz 2011 ( BWJF’11) oleh Jendela Ide Sabuga, Minggu, 13 November 2011, [Workshop] A Guide to Music Biz, Jumat, 18 November 2011, [Pameran Fotografi] Pause/Urban Decay oleh Sandi Jaya Saputra, Jumat, 18 November 2011, [Gathering] Forum Hijau Bandung, Senin, 21 November 2011, [Diskusi] Mitigasi Kebencanaan Kota Bandung, Sabtu, 26 November 2011

[Kelas Belajar] Kelas Karinding oleh Hendra Attack setiap hari Rabu, mulai Pk. 17.00 – 19.00 WIB | Belajar Kwasi Laras Pelog dengan Sibelius Scores setiap hari Rabu, mulai Pk. 16.00 – 17.30 WIB | Pertemuan Mingguan Bandung Oral History setiap hari Kamis, mulai Pk. 17.00 WIB | Pertemuan Mingguan Workshop DJ Openlabs x Bandung Hiphop Community setiap hari Kamis, mulai Pk. 19.00 WIB.

[Latihan Musik] Paper Back setiap hari Senin, Pk. 14.00 – 18.00 WIB | Karinding Attack setiap hari Selasa dan Jumat | TRAH setiap hari Rabu, Pk. 18.00 – 23.00 WIB | Flava Madrim setiap hari Kamis, Pk. 13.00 – 17.00 WIB | Karinding Riot setiap hari Kamis, Pk. 17.00 – 19.00 WIB | Laras setiap hari Jumat, Pk. 18.00 – 20.00 WIB.

[Radio Online] Madness Monday / Sixteenloops setiap hari Senin Pk. 19.00 – 22.00 WIB | Gigsonsky setiap hari Selasa Pk. 19.00 – 22.00 WIB | Gigsonsky Playmix izmir escort setiap hari Selasa Pk. 22.00 – 23.00 WIB | Neng Ita setiap hari Rabu Pk. 16.00 – 18.00 WIB | Radiologia setiap hari Rabu Pk. 19.00 – 22.00 WIB | Kamis Tiris setiap hari Kamis Pk. 19.00 – 22.00 WIB | Gigsonsky Marimar setiap hari Kamis Pk. 22.00 – 00.00 WIB | Our Playlist / Live Streaming / 24 Hours Loop**
**tentative hari Sabtu dan Minggu

[Musik Santai] Kahot Pasosore
Kamis, 10 November 2011, Pk. 15.00 – 18.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Acara santai yang secara khusus dipersembahkan oleh Kahot Shop bagi para penggemar segala jenis musik. Diselenggarakan setiap sore hari pada minggu ke dua setiap bulan di pelataran Kahot Shop, kegiatan ini akan memperdengarkan berbagai genre musikal yang dimainkan oleh para DJ, musisi dan para penggemar musik dari kota Bandung dan sekitarnya. Bagi teman-teman yang tertarik untuk berkontribusi dipersilahkan.

[Konferensi Press] Interaksi Hati #2: Kompilasi Musik dan Video Klip
Sabtu, 12 November 2011, Pk. 18.00 – 21.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Album ini bermula dari inisiatif untuk mengembangkan potensi di bidang musik sekaligus mendukung pergerakan indie yang bersifat gerilya dan mandiri. Klab Ngobrol Interaksi Hati menggagas project musik pertama dalam bentuk kompilasi audio bertajuk Interaksi Hati #1 pada tahun 2009. Selanjutnya pada tahun 2010, Klab Ngobrol Interaksi Hati dipertemukan dengan sebuah komunitas yang menamakan diri mereka Pabrikide, yang pada akhirnya menggagas sebuah label company bernama Isi record.

Album kompilasi Interaksi Hati #2 menyertakan empat belas karya musik dari BlackStar, Cordivine, Ragaji Mesin, Navicula, Spot Djantoeng, Slug, Pain is Gone, Bujang Lapuk, Somnyfera, The Black and dangerous, 14th WinterMoon, Gak Penting, Taltaya, dan Nutshell. Dalam acara peluncuran akan disajikan delapan buah karya dari Rana, yang membuat video klip dari Selenoid, Moist, OnePercent%, Respito, Cupumanik, Toilet Room, Larger Than Disco, dan Can I back.

Pembicara: Chandra Hendrawan Johan (Penasehat ISI Record dan Vokalis Cupumanik) dan Gustaff H. Iskandar (Common Room) | Moderator: Idhar Resmadi (Penulis/Jurnalis Musik) | Menampilkan: WesWey (Universitas Pendidikan Indonesia), Taltaya (Bandung), Respito (Jakarta), dan Pain is Gone (Jakarta)

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Interaksi Hati-Hati #2 silahkan kunjungi laman http://www.isirecord.com

[Konser dan Diskusi] Pra-Event Bandung World Jazz 2011 ( BWJF’11) oleh Jendela Ide Sabuga
Minggu, 13 November 2011, Pk. 16.00 – 18.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

“the essence of jazz is freedom or our longing of freedom itself”

Pra-Event BWJF’11 akan menampilkan Bandung World Jazz Youth, sebuah grup musik yang terdiri dari 20 orang personil berusia 14 – 21 tahun. Dalam kesempatan ini Bandung World Jazz Youth akan mempersembahkan 2 karya almarhum Harry Roesli dan karya cipta mereka sendiri. Selanjutnya kegiatan ini akan menyampaikan pemaparan kuratorial BWJF’11 bersama Jaelani (kurator BWJF).

Bandung World Jazz Festival 2011 | Sasana Budaya Ganesha ITB (Sabuga ITB), 19 – 20 November 2011 | Pk. 12.00 – 24.00
BWJF’11 adalah festival musik jazz yang diselenggarakan setiap tahun oleh Jendela Ide. Sejak awal diselenggarakan, festival ini selalu mengusung keberagaman dan mengangkat kekayaan tradisi. Festival tahun ini akan diisi dengan program pertunjukan, workshop, pameran, diskusi, kolaborasi, jam-session, dan artist-talk. BWJF’11 menghadirkan 30 talent lokal dan internasional, yang diantaranya adalah Ayu Laksmi & Svara Semesta, Jen Shyu, Sound of Hanamangke, Tesla feat. Mahagotra ITB, Anand Biharilal Sriwastava & Rukmani Jaiswal, Ketut Riwin & Tropical Transit, ESQIEF, UNIMED, Blues Libre, BLP, White Shoes & The Couples Company, Mian Tiara, dll.

Selain suguhan utama, festival tahun ini juga akan diisi dengan Youth Concerts yang akan dimeriahkan oleh Bandung World Jazz Youth, SambaSunda Junior, Half Whole Project – LabJazzAru, Indonesian Youth Regeneration, Jazzy One, Storia, dll. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Bandung World Jazz dan Jendela Ide, silahkan kunjungi laman http://www.bandungworldjazz.com/ dan http://www.jendelaide.com

[Workshop] A Guide to Music Biz
Jumat, 18 November 2011, Pk. 15.00 – 18.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Industri musik terus berkembang dan memberi tantangan bagi para pelaku industri musik saat ini. Untuk menjawab perkembangan ini dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai diantara segenap pelaku industri musik yang ada. Selain penyelenggaraan konser, pengetahuan mengenai manajemen di bidang musik juga diperlukan untuk menyokong perkembangan yang ada. Diantara kegiatan manajemen musik diantaranya adalah promosi pertunjukan, mengatur jadwal, membuat kesepakatan dengan perusahaan rekaman, melakukan jejaring dengan lingkungan musik atau mencari tahu bagaimana cara mendistribusikan musik dengan baik.

Aspek lain diluar promosi dan pertunjukan seperti pekerjaan administrasi juga penting dalam mengembangkan aktifitas manajemen musik yang baik. Keterampilan komunikasi dan negosiasi juga merupakan hal penting yang dapat dipelajari melalui pengalaman para pelaku manajemen bisnis musik yang telah sukses membentuk pasarnya. Workshop ini akan mengulas manajemen musik dari segi perencanaan, produksi dan strategi yang diperlukan dalam memasarkan sebuah karya musik secara luas.

Pembicara: Marine Ramdhani (FFWD Records) dan Ridhan (Rocket Rockers Management) | Moderator: Idhar Resmadi (Jurnalis Musik) | Menampilkan: Teman Sebangku (Bandung) dan Paperback (Bandung)

[Pameran Fotografi] Pause/Urban Decay oleh Sandi Jaya Saputra
19 November s/d 4 Desember 2011, Pk. 10.00 – 17.00 WIB
Pembukaan: Sabtu, 19 November 2011, Pk. 18.00 – 21.00 WIB
Artist Talk: Jumat, 25 November 2011, Pk. 15.00 – 18.00 WIB | Moderator: Gustaff H. Iskandar
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Pause/Urban Decay: Sebuah Jeda di Keramaian Kota
Oleh Gustaff H. Iskandar

Sandi Jaya Saputra adalah seorang fotografer yang dilahirkan di kota Garut pada tahun 1985. Pada tahun 2006 ia mengenyam pendidikan di jurusan periklanan Universitas Padjadjaran Bandung. Setelahnya ia melanjutkan studi di bidang jurnalisme pada universitas yang sama dan lulus pada tahun 2010. Karirnya dibidang fotografi dimulai ketika ia bekerja untuk majalah Greeners sejak tahun 2008 s/d 2010. Pada tahun 2009, ia mendapatkan beasiswa untuk belajar fotografi di Commune Illuminaty (Bandung) dan workshop fotografi di Angkor Wat (Kamboja) di bawah bimbingan Antoine D’Agata (Magnum Agency). Baru-baru ini ia mendapatkan beasiswa untuk mengambil program diploma jurnalisme fotografi di Ateneo de Manila University (Filipina).

Saat ini Sandi Jaya Saputra bekerja menjadi seorang fotografer lepasan sekaligus bekerja sebagai asisten laboratorium fotografi dan staff mata kuliah fotografi di almamaternya. Sehari-hari ia kerap mengambil berbagai foto tentang pemandangan kota. Beberapa ada yang dipamerkan, sementara yang lain disimpan sebagai dokumentasi yang merekam kehidupan pribadinya. Koleksi foto yang ia tampilkan di dalam pameran ini diambil tepat pada saat perayaan hari raya Idul Fitri di tahun 2009. Dalam kumpulan foto ini, ia seakan mengajak kita untuk melihat pemandangan kota Bandung yang lenggang dan sepi. Tidak ada aktifitas manusia dan hiruk-pikuk kesibukan kota di dalam foto-foto ini. Tidak ada suara bising dan kondisi kota yang semrawut. Tidak ada suasana kota yang selama ini kita kenal secara akrab, kecuali ruas jalan, gedung-gedung, serta pojokan ruang kota yang kosong melompong.

Sejak secara resmi berdiri sekitar 200 tahun yang lalu, kota Bandung telah menjadi saksi dari berbagai peristiwa kehidupan manusia lengkap dengan segala detail persoalannya. Di masa keemasannya kota Bandung adalah sebuah permata yang memiliki segudang predikat menawan karena kesuburan serta keindahan pemandangan alamnya. Diantara sebutan yang paling populer adalah Bloemen van the Stad dan Parijs van Java. Pada catatan Haryoto Kunto, kota ini pertama kali dinobatkan menjadi kota terbuka pada 21 Februari 1906 oleh Gubernur Jendral J.B. van Heutz. Selanjutnya kota ini sempat disebut sebagai pusat dunia intelektual di wilayah Hindia Belanda, serta pernah diusulkan menjadi pusat koloni orang Eropa di tanah Jawa oleh seorang pemikir Belanda bernama Ir. R. van Hoevell. Atas dasar ini, kiranya tidaklah mengherankan apabila sejak dahulu kota Bandung dikenal sebagai pusat bagi aktifitas perkebunan, perdagangan, pendidikan dan pariwisata. Namun kini kita harus mafhum bahwa catatan ini barangkali hanya sebagian dari narasi yang mungkin tidak lagi menggambarkan kondisi kota Bandung secara utuh. Kota ini tengah meluruh dimakan waktu, ditengah obsesi untuk menjadi mesin ekonomi yang kian menderu.

Karya foto Sandy Jaya Saputra dapat dilihat sebagai sebuah jeda yang memungkinkan kita untuk berhenti sejenak dan memandang kota dalam keadaan diam. Karyanya sekaligus mengajak kita untuk menelusuri kembali jejak yang ditinggalkan oleh jutaan manusia yang hidup didalamnya. Pada foto-foto ini kita juga dapat menemukan cermin yang mengguratkan narasi dan spiritualitas kehidupan masyarakat kota yang sedemikian kompleks dan memiliki lapisan dimensi yang tak bertepi. Wajah kota yang terekam dalam kumpulan foto ini merupakan pemandangan yang berkelindan diantara kemegahan narasi masa lalu dan kompleksitas persoalan hari ini. Alhasil kita menemukan sebuah pemandangan kota yang ambivalen dan penuh dengan kontradiksi. Di sana ada keindahan sekaligus teror yang mengerikan. Di sana juga ada keintiman yang dapat menjelma menjadi sebuah keterasingan yang menyakitkan. Kiranya foto-foto ini adalah sebentuk puisi yang memungkinkan kita untuk mengambil jarak dari kenyataan yang kian hari semakin meringkus perasaan dan imajinasi. Selain itu, kumpulan foto ini barangkali adalah reaksi balik dari dunia pengalaman yang memproyeksikan kritik dan refleksi untuk merajut makna tentang kehidupan masyarakat kota di sini dan hari ini, hic et nunc.

Kyai Gede Utama, 4 November 2011

[Gathering] Forum Hijau Bandung
Senin, 21 November 2011, Pk. 18.00 – 21.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Forum Hijau Bandung (FHB) adalah sebuah wadah silahturahmi yang bersifat terbuka untuk memfasilitasi berbagai upaya pelestarian lingkungan kota Bandung. Kegiatan FHB utamanya adalah penyebaran informasi, ide maupun program yang terkait dengan usaha pelestarian lingkungan dari segenap individu, komunitas dan lembaga yang ada di kota Bandung. Selain itu, FHB juga mengupayakan pengembangan jaringan dengan harapan terjadi kerjasama dalam usaha pelestarian lingkungan di kota Bandung dan sekitarnya. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Forum Hijau Bandung, silahkan hubungi e-mail: forumhijaubandung@gmail.com

[Diskusi] Mitigasi Kebencanaan Kota Bandung
Sabtu, 26 November 2011, Pk. 15.00 – 18.00 WIB
Tempat: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Mitigasi kebencanaan adalah serangkaian upaya persiapan untuk menghadapi bencana. Selain mengundang para ahli dibidang geologi dan kebencanaan, diskusi kali ini juga akan melibatkan para pengguna media sosial sebagai salah satu upaya tanggap bencana melalui penyebaran informasi dan pengetahuan tentang mitigasi kebencanaan. Aktifitas ini diharapkan dapat membentuk kesadaran dan kesiapan masyarakat untuk mengantisipasi datangnya bencana, sekaligus mendorong pembentukan jaringan dan forum masyarakat yang tanggap pada proses mitigasi kebencanaan di kota Bandung. Pembicara: T. Bachtiar (Peneliti), Munasri (Peneliti) | Moderator: Man Jasad (Seniman)

KEGIATAN RUTIN

KELAS BELAJAR
Kelas Karinding oleh Hendra Attack setiap hari Rabu, mulai Pk. 17.00 – 19.00 WIB dan Jumat Pk. 17.00 – 19.00 WIB. Informasi hubungi Hendra di nomor +62818639881 (kelas baru akan dimulai pada 2 November 2011 dan 4 November 2011)

Penggunaan Kwasi Laras Pelog pada Musik Metal dengan Sibelius Scores setiap hari Rabu, mulai Pk. 16.00 – 17.30 WIB. Informasi hubungi Robi (Disculture) di nomor +6285659828666

Pertemuan Mingguan Bandung Oral History setiap hari Kamis, mulai Pk. 17.00 WIB. Informasi hubungi Zia di nomor +622292209221

Pertemuan Mingguan Workshop DJ Openlabs x Bandung Hiphop Community setiap hari Kamis, mulai Pk. 19.00 WIB. Informasi hubungi Jay di nomor +681573788327

LATIHAN MUSIK
Paper Back setiap hari Senin, Pk. 14.00 – 18.00 WIB. Informasi hubungi Zemo di nomor +62222503404

Karinding Attack setiap hari Selasa dan Jumat, Pk. 20.00 – 23.00 WIB. Informasi hubungi Kimung/ Man Jasad di nomor +62222503404

TRAH setiap hari Rabu, Pk. 18.00 – 23.00 WIB. Informasi hubungi Ghera di nomor +6285624814597

Flava Madrim setiap hari Kamis, Pk. 13.00 – 17.00 WIB. Informasi hubungi Kimung/ Man Jasad di nomor +62222503404

Karinding Riot setiap hari Kamis, Pk. 17.00 – 19.00 WIB. Informasi hubungi Hendra di nomor +62818639881

Laras setiap hari Jumat, Pk. 18.00 – 20.00 WIB. Informasi hubungi Zia di nomor +622292209221

PROGRAM SIARAN RADIO ONLINE
Madness Monday / Sixteenloops setiap hari Senin Pk. 19.00 – 22.00 WIB
Gigsonsky setiap hari Selasa Pk. 19.00 – 22.00 WIB
Gigsonsky Playmix Setiap hari Selasa Pk. 22.00 – 23.00 WIB
Neng Ita setiap hari Rabu Pk. 16.00 – 18.00 WIB
Radiologia setiap hari Rabu Pk. 19.00 – 22.00 WIB
Kamis Tiris setiap hari Kamis Pk. 19.00 – 22.00 WIB
Gigsonsky Marimar setiap hari Kamis Pk. 22.00 – 00.00 WIB
Our Playlist / Live Streaming / 24 Hours Loop**
**tentative hari Sabtu dan Minggu

Siaran dapat diakses melalui laman http://www.gigsonsky.com atau http://www.commonroom.info. Untuk informasi follow akun twitter @gigsonsky atau @radiologia_bdg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website