Informasi Agenda Kegiatan Common Room | April 2011

AFS BINA ANTAR BUDAYA, 3 April 2011 | MAKRO DAN MIKRO, konser musik elektroakustik dan diskusi seputar komposisi karya Babang Dwiatmoko (Salatiga), 8 April 2011 | COOLTURE COLLAB oleh KICK Denim, 9 s/d 10 April 2011 | ON DISPLAY: Is This Art? Pameran oleh Punjung Wratsongko, 12 s/d 19 April 2011 | KAJIAN MUSIK: Berbagi Kiat Tur Musik ke Mancanegara, 13 April 2011 | BEDAH BUKU JAKARTABEAT: Jurnalisme Musik dan Relevansinya Sebagai Media Kritik Sosial, 16 April 2011 | #ROUGHCUT03: Pertunjukan Musik Eksperimental dan Improvisasi Bebunyian, 17 April 2011 | TUGITU UNITE (Solo): SILATURAHMI, 22 s/d 24 April 2011 | KAJIAN MEDIA: Pemutaran film dokumenter “Linimas(s)a” dan diskusi “Media Sosial dan Perubahan”, 29 April 2011 | PERINGATAN HARI BUMI: Diskusi Menggalang Inisiatif Warga Untuk Lingkungan Yang Lestari, 30 April 2011 | KEGIATAN RUTIN: Pertemuan Mingguan Bandung Oral History, Pertemuan Mingguan OpenLabs, Workshop Animasi Flash bersama Wahyu, Kelas Privat Kacapi Suling bersama Iman Jimbot, dan Pertemuan Mingguan Kelas Karinding (KEKAR) bersama Hendra Attack.

AFS BINA ANTAR BUDAYA
Waktu : 3 April 2011, pukul 09.00 – 16.00 WIB
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Bina Antar Budaya bermitra dengan AFS Intercultutral Program memberikan kesempatan bagi para siswa Indonesia yang duduk di bangku SMU kelas 1, untuk dapat tinggal dan belajar baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang melalui seleksi di Amerika Serikat, Australia, Belanda, Belgia, Italia, Jepang, Jerman, Norwegia, Perancis dan Swiss. Kegiatan ini akan memperkenalkan apa itu AFS dan Bina Antarbudya, serta tahap-tahap seleksi dan booth pameran dari beberapa negara tujuan. Info lebih lanjut mengenai Bina Antarbudaya hubungi Agung di nomor: +6285659012202 | URL: http://bina-antarbudaya.info

MAKRO DAN MIKRO: Konser Musik Elektroakustik dan Diskusi Seputar Komposisi karya Bambang Dwiatmoko (Salatiga)
Waktu : 8 April 2011, pukul 19.30 – 22.00 WIB
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Pertunjukan ini akan menampilkan komposisi musik elektroakustik yang terdiri dari soundscape (bebunyian lingkungan sekitar), musik kongkrit dari instrumen tradisi gamelan dan elektronik, serta suara synthesizer. | URL: http://www.myspace.com/bambangkisadrakh

COOLTURE COLLAB oleh KICK Denim
Waktu : 9 s/d 10 April 2011
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama No. 8, Bandung
Pembukaan : 9 April 2011, pukul 18.00 WIB – 21.00 WIB
* Pembukaan menampilkan pertunjukan musik akustik dari JERUJI, D’Ponis, serta DJ Uja x DJ Babam.

KICK Denim akan menampilkan karya dari beberapa seniman dalam bentuk 2 dan 3 dimensi, yang merupakan percampuran dari karya digital imaging, ilustrasi, tipografi dan desain produk. Adapun beberapa seniman yang kali ini berkolaborasi dengan KICK denim adalah:

Kazuhiko Kawahara (JP) seorang arsitek dan fotografer yang mengeksplorasi batasan bentuk dan menggubahnya menjadi struktur serta sistem yang tersembunyi.

Arthur Leipzig (US) seorang fotografer kelahiran New York yang telah berpengalaman puluhan tahun menjadi fotojurnalis dan berkeliling dunia. Dia telah mengajar selama 28 tahun di Universias Long Island dan meraih gelar Professor Emeritus.

Rick Burton (US) Lahir dan besar di Atlanta, mendapatkan gelar Master of Art dari California College of the Arts. Sekarang bekerja sebagai fotografer dan tinggal di New York.

Info lebih lanjut tentang COOLTURE COLLAB hubungi Ivan di nomor +62817229362 | URL: http://kickdenim.com/

ON DISPLAY: Is This Art? Pameran oleh Punjung Wratsongko
Waktu : 12 s/d 19 April 2011, pukul 10.00 – 17.00 WIB
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Punjung Wratsongko dilahirkan pada 3 Februari 1975. Pada tahun 1998 ia lulus dari program studi Desain Komunikasi Visual FSRD – ITB dan menjadi salah seorang pioneer perkembangan seni multimedia di kota Bandung. Pada sekitar tahun 2000 Punjung ikut terlibat dalam aktifitas Biosampler, sebuah kelompok seni multimedia yang menggabungkan pertunjukan musik serta proyeksi visual dengan menggunakan teknologi analog dan digital. Saat ini Punjung bekerja sebagai director di rumah produksi Translusen.

KAJIAN MUSIK: Berbagi Kiat Tur Musik ke Mancanegara
Waktu : 13 April 2011, pukul 16.00 – 18.00 WIB
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Pemanfaatan teknologi informasi telah memungkinkan setiap musisi untuk menyebarkan karyanya ke berbagai sudut dunia. Maraknya pemanfaatan media sosial sebagai wahana penyebaran informasi oleh para musisi saat ini telah menjadi hal yang lumrah. Selain itu, pemanfaatan media sosial juga dapat menjadi senjata ampuh untuk membuka kesempatan melakukan tur ke mancanegara. Diskusi ini akan membahas pengalaman beberapa musisi dan band yang sudah melakukan tur ke luar negeri, serta kiat khususnya dalam memanfaatkan media dan jejaring sosial.

Pembicara: Jemi (Management Burgerkill), Yulius-Nobie-Angkuy (Bottlesmoker), Elang-Donny (Polyester Embassy), Man Jasad & Ferly (JASAD) dan Rekti (Vokalis The Sigit). Moderator: Idhar Resmadi (Common Room)

BEDAH BUKU JAKARTABEAT: Jurnalisme Musik dan Relevansinya Sebagai Media Kritik Sosial
Waktu : 16 April 2011, pukul 13.30 – 16.00 WIB
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama No. 8, Bandung

“Like This: Kumpulan Tulisan Pilihan Jakartabeat 2009-2010”, memuat sekitar 50 esai pilihan yang selama ini hadir di website www.jakartabeat.net. Situs ini diluncurkan pada Januari 2009 dan dimaksudkan untuk menjadi media dengan tulisan mengenai musik, buku, film, politik, serta esai-esai humaniora. Jakartabeat bermula dari sebuah blog tentang kisah-kisah perburuan piringan hitam (http://berburuvinyl.wordpress.com) yang berjalan sejak tahun 2008.

Bedah buku ini akan membahas persoalan jurnalisme musik dan relevansinya sebagai media kritik sosial. Sebagai salah satu media yang peduli akan perkembangan jurnalisme musik di Indonesia, Jakartabeat sangat peduli tentang hubungan yang relevan dan signifikan dengan konteks sosial masyarakat. Para kontributor dalam antologi buku ini antara lain adalah Ucok Homicide, Arian 13, Philips Vermonte, Nova Riyanti Yusuf, Roby Muhammad, M. Taufiqurrahman, Harlan Boer, Dewi Lestari, Laksmi Pamuntjak, Ulil Abshar Abdalla dan masih banyak lagi.

Pembicara: M. Taufiqurrahman (Jakartabeat) & Herry “Ucok Homicide” Sutresna (eks-Homicide & kontributor Jakartabeat) | Moderator: Idhar Resmadi (Common Room) | Hiburan oleh: Antruefunk | URL: http://www.jakartabeat.net/

SHOWCASE: #ROUGHCUT03
Waktu : 17 April 2011, pukul 19.00 WIB – 22.00 WIB
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

#ROUGHCUT adalah sebuah program rutin yang menampilkan karya dari para seniman dan musisi yang gemar melakukan eksplorasi dan eksperimentasi musik serta bebunyian secara bebas. Pengisi acara kali ini adalah Sorra, Individual Distortion, Aneka Digital Safari, dan Shoah | Info lebih lanjut hubungi Benny di nomor: +628562208039

TUGITU UNITE (Solo): SILATURAHMI
Waktu : 22 s/d 24 April 2011, pukul 19.00 WIB
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Launching dan Diskusi: Tugitu Unite #7, edisi perempuan, tanggal 23 April 2011, pukul 16.00 WIB | Penutupan: Workshop Ciu dan Karaoke, tanggal 24 April 2011, pukul 19.00 WIB.

TUGITU UNITE adalah sebuah kelompok yang membuat buku kompilasi karya seni. Berdiri pada Desember 2010 di senirupa UNS untuk menampung semangat berkarya dari kampus dalam halaman buku kompilasi. Semangat seni mudah dan seni murah adalah dasar dari pergerakan TUGITU UNITE. Seiring 1 tahun perjalanannya, TUGITU UNITE menggiatkan diri berjejaring dan mencoba membuka diri terhadap atmosfir di luar kota Solo. Beranggotakan 15 anak muda yang bekerja bergantian secara tambal sulam, saat ini TUGITU UNITE menjadi tim solid yang mempunyai impian untuk membuat Ruang Seni Tugitu di kota Solo. Info mengenai TUGITU UNITE hubungi Agus (Pade) di nomor: +6285642152094 | URL: http://tugitu.blogspot.com/

KAJIAN MEDIA: Pemutaran film dokumenter “Linimas(s)a” dan diskusi “Media Sosial dan Perubahan”
Waktu : 29 April 2011, pukul 14.00 WIB
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Program kajian media Common Room menyelenggarakan berbagai diskusi, workshop, atau pemutaran film mengenai pelbagai fenomena yang terkait dengan perkembangan media dan teknologi informasi serta signifikansinya dengan perkembangan masyarakat di sekitar kita. Kali ini Common Room akan menyelenggarakan pemutaran film dokumenter “Linimas(s)a”.

“Linimasa” atau “timeline” merupakan istilah yang banyak digunakan dalam penggunaan media sosial di tengah-tengah “massa” digital. Istilah ini bisa berarti kanal informasi yang digunakan oleh kelompok, komunitas ataupun masyarakat luas. Film dokumenter “Linimas(s)a” menggambarkan kekuatan gerakan sosial di ranah offline maupun online, yang saling beresonansi, bersinergi dan menguatkan secara masif. Film ini juga menceritakan pemanfaatan Internet dan media sosial oleh orang biasa untuk melakukan hal yang luar biasa. Film dokumenter ini berdurasi 45 menit dan memiliki subtitle dalam bahasa Inggris.

Pembicara: Yasraf Amir Piliang (Forum Studi Kebudayaan ITB) dan Donny B.U. (Internet Sehat, produser Film Linimas(s)a) | Moderator: Gustaff H. Iskandar (Common Room) | URL: http://kalamkata.org/2011/02/20/linimassa-program-film-dokumenter/

PERINGATAN HARI BUMI: Diskusi Menggalang Inisiatif Warga Untuk Lingkungan Yang Lestari
Waktu : 30 April 2011, pukul 15.00 – 17.30 WIB.
Tempat : Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Setiap tanggal 22 April seluruh warga dunia merayakan Hari Bumi. Tahun ini peringatan Hari Bumi telah menginjak umur yang ke 41 tahun, sejak pertama kali diselenggarakan di Amerika pada tanggal 22 April 1970. Pada tahun 1990 kegiatan ini pertama kali diselenggarakan secara internasional di 144 negara. Terkait dengan perayaan Hari Bumi, Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia – Jawa Barat (FK3I – Jabar) menyelenggarakan diskusi dengan tema “Menggalang Inisiatif Warga Untuk Lingkungan Yang Lestari”. Pembicara: Aat Suratin, Tisna Sanjaya, Ronny Lukito dan Budi Dalton. Informasi lebih lanjut hubungi Utun di nomor: +628122362316.

KEGIATAN RUTIN:
Workshop Animasi Flash | Setiap Kamis: 7, 14, 21 dan 28 April 2011, dimulai pukul 16.00 WIB – 18.00 WIB | Pendaftaran dan Informasi hubungi Wahyu di nomor: +6281220700990

Kelas Privat Kacapi Suling Bersama Iman Jimbot | Setiap hari Rabu dan Kamis | Informasi hubungi Common Room di nomor: +6222 2503404

Pertemuan Mingguan Bandung Oral History | Setiap hari Kamis, dimulai pukul 17.00 WIB | Informasi hubungi Zia di nomor: +6222 92209221

Pertemuan Mingguan Openlabs | Setiap hari Kamis, dimulai pukul 19.00 WIB | Informasi hubungi Ega di nomor: +628562330445

Pertemuan Mingguan Kelas Karinding (KEKAR) bersama Hendra Attack | Setiap hari Jumat, dimulai pukul 16.00 WIB | Informasi hubungi Hendra di nomor: +62818639881

2 thoughts on “Informasi Agenda Kegiatan Common Room | April 2011

  1. Untuk Kajian Media, acaranya terbuka untuk umum? Perlukah reservasi dulu gak?

    Merci 🙂

  2. Kegiatannya gratis dan terbuka untuk umum. Nggak perlu reservasi dulu. Salam 🙂

Leave a Reply