Pembahasan Expert Meeting Hari Kedua | Oleh Zulfikar


foto oleh Addy Gembel

Suasana pagi yang cerah dengan sinar matahari yang hangat menjadikan suasana Expert Meeting for New Media, Civil Society, & Environmental Sustainability menjadi lebih santai. Suguhan makanan ringan dan kopi serta koneksi wi-fi membuat setiap partisipan merasa nyaman. Seperti misalnya Dan McKinley, perwakilan dari Realtime Magazine, “Now I have a cup of coffee and internet connection, what else a person need?” Saat semua sudah merasa seperti di rumah, maka dialog bergizi hari ini dapat mulai dilaksanakan.

Gustaff membuka acara dan menyapa setiap partisipan yang hadir dan mulai merencanakan kegiatan harian yang akan dilaksanakan. Setiap partisipan yang hadir sangat terbuka dan bersemangat untuk saling berbagi mengenai kegiatan yang dilaksanakan di daerahnya masing-masing. Arthit (Thai Netizen Network & Creative Commons Thailand, Thailand), Vicky (ArcSpace Manchester/ Bricolabs, Inggris), dan Catherine (Tunza South East Asia Youth Environment Network, Filipina/Singapura) akan mengisi sesi presentasi pertama di CCF pada Selasa (20/7) malam di CCF.

Arthit akan mempresentasikan Mekong Project yang dilaksanakannya, sedangkan Vicky akan berbicara tentang International Water Project dan Arcspace Manchester, dan  Catherine akan menerangkan presentasinya malam itu. Presentasi lainnya juga bakal dilaksanakan oleh Atteqa (Mauj Media Collective, Pakistan), Venzha (House of Natural Fiber, Indonesia), dan Gustaff (Common Room, Indonesia) pada keesokannya Rabu (21/7). Ketiganya akan mempresentasikan program yang dilaksanakan oleh masing-masing lembaganya. Selain sesi presentasi akan dilaksanakan juga streaming session dengan Perancis pada hari Rabu 21 Juli 2010 pukul 16.00-18.00 dan Brazil dan Kolombia pada hari Jumat 23 Juli 2010 pukul 19.00-21.00.

Setiap partisipan memiliki harapan yang seragam dari pertemuan ini. Mereka berharap agar mereka dapat saling berjaringan dan saling membantu dengan mengkolaborasikan ide masing-masing dan Gustaff juga berharap agar pertemuan ini dapat menghasilkan suatu hal yang konkrit seperti misalnya membuat dan melaksanakan program bersama. Selain kegiatan presentasi dalam ruangan, akan dilaksanakan juga kegiatan lapangan seperti mengunjungi beberapa area yang merupakan lokasi pelaksanaan program Common Room. Di luar kegiatan-kegiatan tersebut, tentunya direncanakan juga kegiatan yang bersifat menghibur seperti rencana mengunjungi pemandian air panas Ciater, dan kegiatan wisata lainnya.

Suasana kekeluargaan sudah mulai terasa mengalir sejak sesi awal ini. Para partisipan saling bercerita mengenai pelaksanaan programnya di daerah masing-masing dan berbagai hal yang mereka hadapi. Curahan hati setiap partisipan selalu mendapat tanggapan baik berupa sharing solusi dari partisipan lainnya. Walaupun berasal dari benua yang berbeda, ternyata tidak sedikit masalah serupa yang dihadapi seperti misalnya permasalahan birokrasi, hubungan dengan pemerintah dan perguruan tinggi setempat, tingkat partisipasi masyarakat, dan lainnya. Tips yang dibagi sangat bervariasi dan menarik, seperti bagaimana menyelundup dalam birokrasi, bagaimana menarik minat masyarakat setempat, bagaimana membangun kesadaran, dan lainnya. Walaupun rangkaian acara Nu Substance masih banyak, ternyata keterbukaan dan semangat setiap partisipan telah terbangun di awal acara dan mulai membuka banyak peluang baru.

Leave a Reply