Agenda

Pameran Video Dominos: Image Association Game bersama Michiko Tsuda (JP) | Common Room, 31 Desember 2010 s/d 15 Januari 2011

Photobucket

Video Dominos: Image Association Game | Workshop video oleh Michiko Tsuda (JP)

Peserta
Budi Dwi Rahmady | Jaisa Randy | Jumadi Yhoggy | Mohammad Rizki Ardiansyah | Naluri Bella Wati | Ranti Puji Agusti | Taufanny Nugraha

Waktu dan Tempat
Pembukaan: 31 Desember 2010, Pk. 16.00 WIB
Pameran: 31 Desember 2010 s/d 15 Januari 2011
Venue: Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8

Deskripsi
Pameran ini merupakan kelanjutan dari workshop pembuatan film eksperimental yang memanfaatkan pola asosiasi citraan sebagaimana layaknya permainan domino. Berawal dari Migratory Project yang diinisiasi pada tahun 2007 oleh Michiko Tsuda (JP), Caroline Bernard (FR) dan Damien Guichard (FR), proyek ini kemudian dilanjutkan oleh Michiko dengan melibatkan tujuh peserta dari kota Bandung melalui program residensi di Common Room sejak awal Desember 2010.

Pada prosesnya para peserta memanfaatkan beberapa perlengkapan sederhana, semisal kamera digital & telepon genggam untuk mengembangkan permainan domino film. Pada hari pertama, para peserta mengumpulkan dan saling berbagi potongan video yang berasal dari wilayah privat dengan durasi maksimum 1 menit. Selanjutnya pada hari kedua para peserta saling berbagi dan memilih beberapa potongan video berdasarkan makna atau kemiripan bentuknya. Proses ini mirip seperti permainan asosiasi yang sering dimainkan oleh anak-anak.

Aktifitas ini kemudian dilanjutkan dengan mengumpulkan potongan video yang berasal dari ruang publik, semisal jalan raya, langit, ataupun suasana di supermarket. Setelah dilakukan secara berulangulang, setiap potongan video kemudian disunting secara sederhana dengan memanfaatkan beberapa layar yang terkadang menghasilkan struktur narasi tertentu. Rencananya proyek ini akan terus dilanjutkan dengan menjajaki kemungkinan proses yang lain, semisal melalui pemanfaatan wahana jejaring sosial di internet.

Short Bio
Michiko Tsuda (b. 1980) adalah seorang seniman yang kerap menggunakan teknologi analog dan digital dalam karya-karyanya. Ia memulai karirnya sebagai seorang insinyur teknik sebelum kemudian memutuskan untuk bekerja sebagai seniman. Ketika mulai memanfaatkan medium video, Michiko tertarik untuk mengembangkan kesadaran baru dengan mencermati kondisi dan perkembangan media, selain ketertarikan untuk merubah cara melihat dan memaknai dunia citra.

Dengan memanfaatkan kamera, monitor dan cermin, Michiko mulai mengembangkan tema mengenai sudut pandang yang anonim. Belakangan Ia mulai berkolaborasi melalui internet dengan seorang seniman yang berasal dari Perancis dan menggunakan kamera digital sederhana untuk mengambil berbagai citraan yang Ia ambil dari tengah hutan. Proses ini kemudian berkembang menjadi konsep Migratory Project, dan selanjutnya menjelma menjadi sebuah jalinan film eksperimental yang dikerjakan secara kolaboratif.

URL: http://2da.jp/

Pameran ini terbuka untuk umum, terutama bagi para mahasiswa, seniman, desainer dan para peminat kajian seni, teknologi dan budaya kontemporer. Kegiatan ini didukung oleh Common Room, HIVOS dan Japan Foundation.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *