Informasi Kegiatan Common Room | November 2010

Silahkan kunjungi laman RADIOLOGIA untuk mendengarkan Radiologia Streaming Program dari Common Room, setiap hari Rabu pukul 18.00 – selesai. Twitter: @radiologia_bdg

Agenda Common Room | November 2010

Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Sumber Daya Insani dan Ekonomi Kreatif | Indonesia Kreatif (http://indonesiakreatif.net)
Diskusi pengembangan sumber daya manusia sebagai pondasi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia bersama perwakilan Kementerian Perdagangan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta perwakilan akademisi dan pelaku ekonomi kreatif dari kota Bandung.
Jumat, 12 November 2010, Pk. 13.00 – 18.00 WIB

“SADAR BENCANA SEJAK DINI! Sabilulungan Ngajaga Lembur | KNOWING THE RISK AND TAKE ACTION – International Organization for Migration (IOM)
Pameran dan diskusi siaga kebencanaan bersama Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, ST.,MT (Pusat Mitigasi Bencana ITB), Ir. Gatot M. Soedradjat, MT (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi/ PVMBG), serta perwakilan IOM untuk Jawa Barat. Kegiatan ini akan diawali dengan pembukaan pameran “Pengalamanku dengan Bencana”, yang akan menampilkan karya gambar anak dari beberapa Sekolah Dasar (SD) di daerah Garut Selatan. Pameran akan berlangsung di Common Room sampai tanggal 20 November 2010.
Sabtu, 13 November 2010, Pkl. 16.00 – selesai

Workshop Penggunaan Software Musik Abelton | Oleh Ega Ginanjar (Europe in de Tropen/ OpenLabs)
*Pendaftaran silahkan hubungi Ranti di +62222503404 pada jam kerja.
Sabtu, 27 November 2010, Pk. 15.00 – selesai

Kelas Privat Suling dan Kacapi | Oleh Iman Rohman aka Iman Zimbot
*Pendaftaran silahkan hubungi Ranti di +62222503404 pada jam kerja.
Sepanjang bulan November s/d Desember

Common Room Networks Foundation (Common Room)
Common Room adalah platform yang terbuka untuk kegiatan seni, budaya dan pemanfaatan ICT/ Media. Kegiatan Common Room dikelola oleh Common Room Networks Foundation dan didukung oleh HIVOS. Bagi teman-teman yang tertarik untuk terlibat dan menyelenggarakan kegiatan di Common Room, silahkan menghubungi Ranti di nomor 022-2503404 atau kunjungi kami di Jalan Kyai Gede Utama no. 8. Informasi mengenai kegiatan Common Room dapat diakses di situs http://commonroom.info dan twitter @CommonRoom_ID.

Alamat
Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung – 40132 | WEST JAVA – INDONESIA | Phone/ Fax: +62.22.250.3404
Url: http://commonroom.info | E-mail: info@commonroom.info | Twitter: @CommonRoom_ID

Informasi Detail Agenda Common Room | November 2010

Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Sumber Daya Insani dan Ekonomi Kreatif oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia – Indonesia Kreatif
Diskusi ini akan membahas beberapa aspek yang terkait dengan pengembangan sumber daya manusia sebagai pondasi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Peserta diskusi kali ini mewakili Kementerian Perdagangan, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta perwakilan akademisi dan pelaku ekonomi kreatif dari kota Bandung.

Tujuan diskusi ini diantaranya adalah untuk melakukan evaluasi umum terhadap upaya pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia selama beberapa tahun terakhir. Selain itu, kegiatan ini juga akan mengevaluasi dampak dan peluang dari Inpres no. 6 Tahun 2009 pada pengembangan sumber daya insani sebagai pondasi ekonomi kreatif. Kegiatan ini juga akan mengembangkan gagasan dan rekomendasi baru untuk pengembangan sumber daya insani bagi pengembangan ekonomi kreatif di masa yang akan datang.

Waktu & Tempat
Jumat, 12 November 2010
Pk. 13.00 – 18.00 WIB
Common Room Networks Foundation
Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Penyelenggara
Indonesia Kreatif
http://indonesiakreatif.net
CP: Willam +6281931357101

KNOWING THE RISK AND TAKE ACTION – International Organization for Migration (IOM)

“SADAR BENCANA SEJAK DINI! Sabilulungan Ngajaga Lembur”
Menurut Indeks Risiko Bencana Alam 2010, Indonesia merupakan negara rawan bencana kedua paling tinggi setelah Bangladesh. Selama beberapa tahun terakhir ini, Indonesia telah mengalami bencana banjir, longsor, tsunami, gempa bumi dan gunung meletus dengan kekuatan besar di beberapa daerah semisal Yogyakarta (Jawa Tengah), Pulau Mentawai (Sumatera Barat), Gunung Sinabung (Sumatera Utara), Pangandaran dan Tasikmalaya (Jawa Barat), Wasior (Irian Jaya), dsb. Karena bencana tersebut telah banyak korban jiwa dan kerugian perumahan dan infrastruktur yang sangat besar.

Program IOM selama 15 bulan terakhir ini mendukung upaya pemerintah untuk mengajak anggota masyarakat terlibat dalam kesiapsiagaan bencana yang berfokus di 5 Kecamatan di Kabupaten Garut. Ke lima kecamatan ini terdiri dari Kecamatan Pameungpeuk, Kec. Cibalong, Kec. Cisompet, Kec.Pangauban, dan Kec. Cikelet). Beberapa kegiatan yang diselenggarakan diantaranya menyusun peta rawan bencana pada level desa dan kecamatan, mobilisasi masyarakat desa untuk menyusun peta rawan bencana, serta melatih para tokoh masyarakat dalam pengkajian risiko bencana dan pemetaan bahaya, selain melatih tenaga ahli kesehatan untuk Basic Trauma Life Support.

Untuk mengetahui upaya penanganan resiko bencana secara mendalam, ECHO dan IOM, didukung oleh Common Room Networks Foundation, Yayasan IDEP, BPBD Provinsi Jawa Barat dan Pemda Jawa Barat, menyelenggarakan kegiatan diskusi sore siap siaga bencana dengan pembicara Dr. Eng. Imam Achmad Sadisun, ST.,MT (Pusat Mitigasi Bencana ITB), Ir. Gatot M. Soedradjat, MT (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi/ PVMBG), serta perwakilan IOM untuk Jawa Barat.

Waktu & Tempat
Sabtu, 13 November 2010
Pkl. 16.00 – selesai
Common Room Networks Foundation
Jl. Kyai Gede Utama no. 8 Bandung

Kegiatan ini akan diawali dengan pembukaan pameran “Pengalamanku dengan Bencana”, yang akan menampilkan karya gambar anak dari beberapa Sekolah Dasar (SD) di daerah Garut Selatan. Pameran akan berlangsung di Common Room sampai tanggal 20 November 2010.

Penyelenggara
IOM Jawa Barat
Jl. Setia no. 9, Sukajadi
Bandung, Jawa Barat
Telp.: +62 22 203 2855
cp. Lioni Beatrik (08172324278)

Workshop Penggunaan Software Musik Ableton
Workshop ini akan membahas proses produksi dasar musik, khususnya musik elektronik dengan menggunakan software Ableton. Software ini banyak sekali digunakan oleh para musisi selama beberapa waktu terakhir ini. Selain karena mudah digunakan, software ini memiliki fungsi yang beragam, baik untuk keperluan live performance, aransemen, ataupun keperluan eksperimen musik dan bebunyian.

Beberapa materi yang akan disampaikan dalam workshop ini diantaranya adalah membuat drum pad dengan menggunakan beberapa fasilitas yang ada di dalam Ableton. Selain itu workshop ini juga akan menyampaikan cara untuk menggunakan VST, serta merekam dengan hardware seperti gitar. Melalui workshop ini, para peserta diharapkan dapat mengembangkan skill dan pengetahuan yang baru untuk memproduksi lagu dengan peralatan sederhana. Workshop ini secara langsung akan dipandu oleh Ega Ginanjar, seorang musisi yang merupakan pendiri dari kelompok musik Europe in de Tropen dan salah seorang penggagas komunitas OpenLabs.

Waktu & Tempat
Sabtu, 27 November 2010
Pk. 15.00 – selesai
Common Room Networks Foundation
Jl. Kyai Gede Utama no. 8 Bandung

Workshop fee: Gratis

Penyelenggara
Openlabs
http://theopenlabs.wordpress.com
Cp : Ega (+628562330445), Botak (+62562064358)

Kelas Privat Suling dan Kacapi oleh Iman Rohman aka Iman Zimbot
Iman Rohman aka Iman Zimbot adalah seorang seniman dan musisi yang dilahirkan di Ciamis pada tanggal 10 Agustus 1979. Ia terlahir dari kedua orang tua yang bernama Ibu Ikah dan Pak Kusnadi yang berprofesi sebagai seniman dan musisi tradisional Sunda. Selain diturunkan secara langsung dari Pak Kusnadi dan lingkungan sekitar, bakat Iman Zimbot juga diasah ketika ia belajar musik karawitan secara formal pada Sekolah Menengah Karawitan Indonesia (SMKI) di kota Bandung pada tahun 1996. Meskipun tidak lulus, ia kemudian tetap melanjutkan karirnya secara otodidak.

Pada tahun 2000, Iman Zimbot melanjutkan kuliah di Fakultas Sastra, jurusan Dokumentasi Budaya Universitas Padjadjaran (Unpad). Dalam kesempatan ini, ia bergabung dengan Tim Kesenian Unpad dan terus mengembangkan kemampuannya untuk memainkan instrumen dan menggubah komposisi musik tradisional. Meskipun tidak dapat merampungkan kuliahnya, bersama dengan Tim Kesenian Unpad ia mendapatkan kesempatan untuk tampil dalam berbagai acara pertunjukan di dalam maupun di luar negeri.

Sejak beraktifitas di Common Room pada tahun 2006, Iman Zimbot semakin intens melakukan eksplorasi instrumen dan komposisi musik tradisional Sunda. Kali ini tidak hanya untuk keperluan pertunjukan dan acara tradisi, tetapi juga mulai melakukan berbagai eksperimentasi untuk menciptakan karya musik yang baru bersama dengan para seniman dan musisi yang memiliki latar belakang yang beragam. Sejauh ini Iman Zimbot telah melakukan berbagai bentuk eksperimentasi dan kolaborasi bersama D-Fuse (UK), Tochka (JP) Tcukimay (ID), Karinding Attack (ID), TRAH (ID), Gohgor X (ID), One Man Nation (SG), Benjamin L. Aman (FR), Dan Mackinlay (AU), dsb.

Kelas privat Suling dan Kacapi terbuka bagi mereka yang tertarik melakukan eksplorasi instrumen dan komposisi musik tradisional Sunda, serta bereksperimentasi untuk menciptakan karya musik yang baru. Kelas ini akan berlangsung di sepanjang bulan November s/d Desember dan sangat terbuka bagi mereka yang memiliki minat untuk mengembangkan bakat dan kemampuan di bidang musik dalam pengertian yang sangat luas. Informasi dan pendaftaran dapat menghubungi Common Room di nomor telpon 022-2503404 pada jam kantor.

Waktu & Tempat
Sepanjang bulan November s/d Desember 2010
Common Room Networks Foundation
Jl. Kyai Gede Utama no. 8 Bandung

Workshop fee: Saridona/ Pay as you wish.

Informasi dan pendaftaran silahkan hubungi Common Room di nomor +62.22.2503404 pada jam kerja setiap hari Selasa s/d Minggu.

Kegiatan Rutin

  • Pertemuan mingguan kelompok studi Bandung Oral History (BOH). Setiap hari Kamis, pukul 19.00 – 21.00 WIB. Informasi hubungi Zia di nomor: +6222-92209221
  • Pertemuan mingguan komunitas OpenLabs. Setiap hari Kamis, pukul 19.00 – 21.00 WIB. Informasi hubungi Ega di nomor +628562330445
  • Kelas Karinding (Kekar) oleh Hendra Attack. Setiap hari Jumat, pukul 16.00 – 19.00 WIB. Informasi hubungi Hendra di nomor +62818639881

Alamat
Jl. Kyai Gede Utama no. 8
Bandung 40132
West Java – Indonesia
Telp./ Fax: +62.22.2503404
URL: http://commonroom.info
Twitter: @CommonRoom_ID

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*
Website