Launching Young Entrepreneurs Start-up Bandung | Common Room | 14 November 2009

common room

Mau cari business network? Mau dapat Award? Cari modal Start-up? Mau dibimbing sama yang sudah sukses? Punya ide usaha unik? Gimana memulai usaha? Kenalan sama pentolan industri kreatif Bandung? Pengen go international? Gimana ngurus bisnis sosial?

YES atau Young Entrepreneurs Start-up merupakan sebuah program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR atau Corporate Social Responsibility) yang bertujuan untuk mempromosikan kewirausahaan sebagai salah satu pilihan karir bagi anak muda selain membantu mereka yang ingin membangun dan mengembangkan usahanya sendiri. Program ini dikoordinasi dan dijalankan oleh Indonesia Business Links (IBL) bekerjasama dengan beberapa lembaga donor dan perusahaan.

YES Club Bandung merupakan sebuah forum interaksi antara para pengusaha berpengalaman, para pekerja profesional yang mempunyai kapasitas untuk memberikan bimbingan, serta para pengusaha muda yang baru memulai (Young Entrepreneur/YE) dan ingin mengembangkan usahanya; dimana dalam forum ini para pengusaha berpengalaman dan pekerja profesional secara sukarela menyediakan waktunya untuk melakukan transfer ilmu, pengetahuan dan pengalamannya kepada wirausaha muda pemula demi membantu mengembangkan usahanya.

YES Club Bandung dikelola oleh Yayasan Apikayu (YA) sebagai mitra pelaksana dari IBL serta didukung oleh Common Room Networks Foundation (CRNF) sebagai mitra pendukung dalam menjalankan YES Club Bandung. YES Club Bandung mengajak anak muda yang berniat memulai atau mematangkan usahanya bergabung menjadi member YES Club Bandung sehingga mendapatkan keuntungan sbb:

• 12x Pelatihan /Workshop selama setahun dengan topik-topik menarik dalam mengelola creative business maupun social businesses serta sesi ekskursi dengan mengunjungi dapur usaha para wirausahawan yang sudah maju di Bandung.

• Program mentoring berupa konsultasi bisnis dengan para mentor, yang bisa kamu pilih melalui proses mentor-matching sesuai dengan minat usaha kamu.

• YES Loan Scheme yang dikelola YES Club Bandung melalui induk programnya YES Programme yang juga membuka peluang para Young Entrepreneur untuk bisa mendapatkan pinjaman (Loan Scheme).

• YES Award yang akan diterima oleh peserta YES Programme dan para member YES Club Bandung selama dibimbing oleh mentor agar dapat memperlihatkan perkembangan bisnisnya.

SYARAT PENDAFTARAN
Mendaftar dengan iuran keangotaan:
• Iuran setahun total Rp. 120.000,- (Rp. 10.000,-/bulan) atau
• Iuran per 6 bulan Rp. 60.000,-

LAUNCHING YES CLUB BANDUNG
Sabtu, 14 November 2009
09.00 s/d 17.00 di Common Room, Jl. Kyai Gede Utama no. 8, Bandung

Kegiatan ini akan diisi dengan program talkshow bersama para mentor & praktisi, sekaligus konsultasi bisnis gratis, showcase corner beberapa wirausahawan, serta pertunjukan musik dari CHERRY BOMBSHELL feat. Risa Saraswati.

PROFIL PENYELENGGARA

Indonesia Business Links (IBL)
IBL adalah organisasi nirlaba yang bergerak dengan misi mempromosikan Corporate Social Responsibility (CSR), praktek bisnis beretika dan kemitraan untuk pembangunan. Berdiri sejak tahun 1998 berbentuk Yayasan dengan dukungan lebih dari 49 perusahaan lokal dan asing sebagai Mitra Perusahaan serta beberapa donor internasional untuk memastikan misi organisasi mencapai tujuannya. Beberapa program CSR dan etika bisnis yang dikembangkan untuk mendorong kemitraan multi pihak diantaranya adalah Program Business Ethics; Program CSR for Better Life; Young Entrepreneurs Start up (YES); Youth Employment and Entrepreneurship Initiative (YEEI); serta Entrepreneurs Enabling Network (EEN).

Yayasan Apikayu
Apikayu merupakan organisasi sosial yang mempromosikan pendampingan inovasi riset kampus kepada industri skala mikro dan kecil khususnya bidang produk kriya dan furnitur, baik dalam hal pengembangan desain maupun riset proses produksi. Apikayu berupaya mendorong terciptanya hubungan mutualistik antar lembaga riset, komunitas perajin serta industri yang telah dibina dalam hal promosi, pemasaran, pengalaman, teknik, dan suplai informasi demi memastikan keberlanjutan praktek pemberdayaannya.

Common Room Networks Foundation (Common Room)
Common Room merupakan sebuah wadah dari berbagai aktifitas yang dikembangkan oleh Bandung Center for New Media Arts (didirikan pada tahun 2001) dan masyarakat umum yang tertarik untuk mengembangkan berbagai kegiatan di tempat ini. Sejak tahun 2003, Bandung Center for New Media Arts telah menjadikan Common Room sebagai platform terbuka untuk kegiatan seni, budaya dan pemanfaatan teknologi ICT/ Media. Seiring dengan perkembangannya, Common Room kemudian menjadi wahana untuk mempertemukan beragam individu, komunitas dan organisasi dalam merancang dan merealisasikan berbagai kegiatan berdasarkan ketertarikan dan tujuan mereka, dengan fokus kepada aktifitas riset dan pengembangan di bidang pengetahuan publik dan kreatifitas. Common Room merupakan mitra pendukung program YES Club Bandung.

Untuk informasi dapat menghubungi:
Anya Sapphira (External Relations Officer-IBL), email: anya@ibl.or.id, T: 087880386788
Nunung Darwati (Common Room Networks Foundation), T: 022.2503404
Krissandi (Yayasan Apikayu), T: 022.7534439

Young Entrepreneurs Start-up Bandung (YES Club Bandung) merupakan sebuah program yang diinisiasi oleh Indonesia Business Links serta dikelola oleh Yayasan Apikayu (YA) sebagai mitra pelaksana dari IBL dan didukung oleh Common Room Networks Foundation (CRNF) sebagai mitra pendukung dalam pengelolaan YES Club Bandung. Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh DIAGEO Foundation, Accenture, McKinsey & Company, Sahabat UKM, HIVOS, Radio KLCBS (100.4 FM) & Radio Distorsi (91.7 FM).

6 thoughts on “Launching Young Entrepreneurs Start-up Bandung | Common Room | 14 November 2009

  1. Silahkan hubungi alamat dibawah untuk informasi detail Yes Club Bandung:

    Indonesia Business Links
    Menara Kartika Chandra, 7th Floor
    Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 18-20
    Jakarta 12930
    Phone: +62 21 5202530/33
    Fax: +62 21 5223524
    http://www.ibl.or.id

    Yayasan Apikayu
    Jl. Adikatalea No. 3, Bumi Adipura I,
    Kel. Rancabolang, Kec. Gedebage
    Bandung 40296
    Tel./Fax: 022 7534439
    http://www.yayasanapikayu.org

    Common Room Networks Foundation
    Jl. Kyai Gede Utama No. 8
    Bandung – 40132
    Tel./Fax: 022 2503404
    http://commonroom.info/

  2. saya tertarik menjadi anggota, bisa di emailkan formulir pendaftaran dan no rekening. trims

  3. Kami dari LP2-IPTEK, Bali ingin mengundang IBL dan Yes Club Bali untuk berkolaborasi mengadakan entrepreneur workshop di Bali.

    Kami adalah sebuah lembaga institusi dibawah naungan YAYASAN LENTERA BALI INTERNASIONAL, memiliki bidang KEWIRAUSAHAAN sebagai salah satu bidang studi yang kami kembangkan dalam lembaga kami.

    Kami baru saja menghubungi E-mail yg tertera utk situs ini. Mohon kiranya pihak anda dapat menghubungi kami lebih lanjut di lp2_iptek@yahoo.co.id. atau di (0361)257074, 9626838.

    Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

    Salam hormat,
    Yulie Mills.
    General Manager

  4. Terimakasih atas komentarnya. Untuk perhubungan langsung dengan IBL silahkan menghubungi Fahmi (fahmi@ibl.or.id).

  5. Hallo. Sayang sekali untuk pendaftaran keanggotaan sudah ditutup.

Leave a Reply