Pers Rilis Insiden Sabtu Kelabu | Gedung AACC Bandung, 9 Februari 2008

Photobucket

Kami mewakili Solidaritas Independen Bandung (SIB)* mengucapkan rasa belasungkawa sedalam-dalamnya atas insiden dalam konser Launching Album kelompok band BESIDE, yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 9 Februari 2008 dan bertempat di gedung Asia Africa Cultural Centre (AACC). Peristiwa yang terjadi dalam musibah tersebut merupakan insiden yang tidak diinginkan dan direncanakan oleh pihak manapun. Mudah-mudahan insiden tersebut merupakan peristiwa yang terakhir kalinya dan dapat kita jadikan sebagai pembelajaran bagi semua pihak. Kami juga mendoakan semoga para korban dapat diterima disisi-Nya dan keluarga korban dapat menghadapi musibah ini dengan lapang dada. Amin

Kami memandang kejadian ini sebagai musibah yang tidak hanya terkait dengan kegiatan komunitas tertentu saja. Musibah tersebut juga bukan hanya merupakan sebuah insiden dalam pertunjukan musik, tetapi juga terkait dengan infrastruktur dan prosedur penyelenggaraan acara yang melibatkan masyarakat luas. Dalam hal ini, insiden tersebut di atas sebaiknya dipandang sebagai tanggung jawab yang harus dipikul oleh banyak pihak, sehingga dapat dipandang sebagai pelajaran yang berharga bagi masyarakat umum maupun pemerintah.

Insiden yang memakan korban jiwa 10 orang tersebut menjadi pekerjaan rumah yang harus kita tanggapi secara objektif. AACC selama ini dikenal sebagai tempat bagi penyelenggaraan konser musik yang mewadahi luapan ekspresi anak muda di kota Bandung. Selama ini sudah banyak kelompok band yang menjadikan AACC sebagai gelanggangnya. Dari keterangan-keterangan yang terhimpun baik dari saksi maupun media, untuk sementara dapat disimpulkan bahwa rata-rata korban meninggal akibat kekurangan oksigen akibat luapan massa yang membludak. Hal ini setidaknya memperlihatkan bahwa energi kreatif yang dimiliki oleh komunitas musisi di kota Bandung sudah tidak dapat ditampung oleh gedung AACC. Oleh karena itu, kota Bandung sudah selayaknya memiliki fasilitas publik yang dapat mengakomodasi energi kreatif yang berkembang di kota ini secara aman.

* Solidaritas Independen Bandung (SIB) adalah forum ad hoc yang diinisiasi oleh beberapa komunitas, pelaku dan individu penggemar musik independen di kota Bandung.

One thought on “Pers Rilis Insiden Sabtu Kelabu | Gedung AACC Bandung, 9 Februari 2008

Leave a Reply