Articles

Common Room Update | Mei 2008

Pada tanggal 27 – 28 April 2008, Common Room menerima kunjungan Ita Amahorseija dari Anna Frank Foundation (NL). Rencananya Common Room akan menjalin program kerjasama dengan Anna Frank Foundation di sepanjang tahun 2008 – 2009. Beberapa kegiatan yang direncanakan adalah penyelenggaraan pameran mengenai kehidupan Anna Frank, pemutaran film Freedom Writers, workshop sejarah oral, dan penelitian mengenai situasi perang dunia ke-2 di kota Bandung. Perwakilaan dari Common Room bersama Bandung Creative City Forum kemudian diundang untuk menghadiri pertemuan di Auditorium Rosada yang bertempat di Balai Kota Bandung pada tanggal 2 Mei 2008.

Acara ini diselenggarakan oleh sekertaris daerah (Sekda) pemerintah kota Bandung dan dihadiri oleh Walikota Bandung beserta jajaran pegawai pemerintahan, beberapa perwakilan dari institusi non pemerintah, wartawan dan pelaku dunia usaha di kota Bandung. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari beberapa pertemuan yang melibatkan Bappeda Kota Bandung dengan Bandung Creative City Forum selama beberapa waktu terakhir. Dalam kesempatan ini Ir. H. Ridwan Kamil, M. Ur. D. (URBANE/ Bandung Creative City Forum) pemaparan beberapa uraian mengenai perkembangan ekonomi kreatif dan kaitannya dengan pengembangan kebijakan dan pembangunan infrastruktur kota.

Teman-teman Ujungberung Rebels menyelenggarakan konser dangdut electone yang menampilkan duo Hana & Kang Dani yang berkolaborasi dengan Jimbot pada tanggal 4 Mei 2008. Dalam kesempatan ini selain pertunjukan yang heboh dari Hana, Jimbot juga ikut menyemarakan suasana melalui permainan kendang yang sangat mantap. Klub Linux Bandung bekerjasama dengan Common Room menyelenggarakan Ubuntu Hardy Heron Release Party pada hari Sabtu, tanggal 10 Mei 2008. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk memperkenalkan penggunaan software open source di kalangan masyarakat luas, khususnya para pengguna Ubuntu.

Selain memperkenalkan sekaligus menyebarkan CD Ubuntu 8.04 (Hardy Heron), kegiatan ini juga diisi dengan acara diskusi yang membahas agenda pemberdayaan teknologi informasi untuk mendukung berbagai sektor kehidupan masyarakat di kota Bandung. Diskusi ini dipandu oleh Agung Prasetyo dari Pusat Pemberdayaan Open Source Software ITB (POSS – ITB) dan melibatkan Gustaff H. Iskandar selaku perwakilan dari Common Room, Rendy Maulana selaku perwakilan dari pengusaha muda di bidang IT dan Ikhlasul Amal yang selama ini dikenal sebagai blogger, praktisi IT, sekaligus aktivis komunitas open source.

Beberapa artikel terkait:
KLuB Bagi-bagi CD Linux Gratis
Mahasiswi Bandung Mulai Lirik Linux

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *