Hari Bumi

GO RECYCLE, REUSE, REPAIR, REDUCE

Hari bumi yang jatuh setiap tanggal 22 April, mulai dirayakan jutaan orang di seluruh dunia sejak 1970. Merayakan hari bumi, berarti memikirkan kelangsungan hidupnya, memikirkan bagaimana sumber daya bumi yang terbatas ini bisa menjamin kelangsungan hidup manusia. Sebelum kita berpikir hal-hal besar untuk menjaga kelangsungan hidup bumi, kita bisa memulainya dari hal kecil dan sederhana. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk sehari-hari yang besar artinya untuk keberlangsungan hidup bumi sebagai tempat tinggal kita.

  • Ketika berbelanja gunakan seminimal mungkin kantong plastik sebagai tempat belanjaan kita. Lebih baik jika kita membawa kantong plastik atau kantong belanja sendiri dari rumah. Dengan mengurangi penggunaan plastik, berarti kita juga mengurangi sampah kemasan yang kita hasilkan.
  • Untuk tempat yang mudah terjangkau, lebih sehat dan lebih baik jika kita menempuhnya dengan berjalan kaki. Selain tidak membutuhkan biaya dan menyehatkan badan, kebiasaan berjalan kaki juga membantu mengurangi penggunaan bahan bakar yang menyebabkan polusi udara dan eksploitasi sumber daya alam yang merusak lingkungan.
  • Pisahkan sampah botol plastik bekas kemasan, kertas, botol kaca dalam kantong yang terpisah. Hal ini akan memudahkan pemulung mengambil sampah yang kita buang untuk di daur ulang.
  • Gunakan dua sisi kertas/bolak-balik ketika mengeprint atau foto copy document. Dengan demikian, kita melakukan penghematan kertas yang berarti juga menghemat pohon yang harus di tebang untuk bahan baku kertas.
  • Kertas yang sudah terisi dua sisinya, jangan buru-buru dibuang. Jika kamu tidak membutuhkannya lagi, kamu bisa menyerahkannya pada Tobucil Jl. Kyai Gede Utama 8 Bandung, yang selama ini menggunakan kertas bekas sebagai kantong buku dan bahan baku untuk kelas origami.

Kirimkan tips yang kamu punya dan berikan komentar mengenai apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kelangsungan hidup bumi.

One thought on “Hari Bumi

  1. manfaatkan sisi kosong halaman rumah dengan penghijauan, maka kita dapat mengurangi karbon dioksida dan menambah sedikit oksigen di lingkungan kita.

Leave a Reply